12

Penjelasan Perbedaan Versi, Kelebihan, dan Fitur pada Windows 8



Penjelasan Windows 8 Semua Edisi - Selamat pagi sobat,.. Kali ini saya akan membahas tentang penjelasan beberapa versi yang berbeda dari Windows 8 beserta kelebihan dan fitur-fiturnya supaya bagi anda sekalian yang masih baru atau awam dengan sistem operasi ini dapat menentukan pilihan yang tepat tentang produk mana yang harus saya beli atau install. Sebelum melangkah lebih jauh, saya akan menjelaskan terlebih dahulu sebenarnya ada berapa versi sih Windows 8 ini? Ingin tahu lebih jauh? 

Pada 26 Oktober 2012 yang lalu, Microsoft meluncurkan produk ini dengan 4 versi berbeda, yaitu :
  1. Windows 8 (Win 8 Standar / Core)
  2. Windows 8 Pro (Win 8 Professional) RTM
  3. Windows 8 Enterprise Edition RTM
  4. Windows 8 RT (ARM or WOA)
Nah, selanjutnya anda pasti bertanya-tanya, apa sih perbedaan tiap edisi dari sistem operasi diatas? Saya jelaskan melalui argumentasi saja ya agar lebih memudahkan anda dalam proses pemilihan edisi,.. :)

"Jika Anda melakukan banyak dengan komputer Anda, termasuk menonton acara TV dan film, maka Anda mungkin bisa memilih Windows 8 Pro." 
Edisi ini akan mencakup seluruh user interface yang baru yang disebut "Metro UI", anda mungkin juga telah melihat semua screenshot dari Metro UI yang artistik ini. Selain itu, edisi ini juga mendukung Windows Media Center, sistem seperti Microsoft TiVo yang memungkinkan Anda untuk menghentikan sementara dan merekam siaran TV yang mungkin di Indonesia fitur ini sedikit tidak berguna karena kecepatan koneksi internet yang masih belum mumpuni.  Ada beberapa fitur tambahan yang menurut saya high-end, seperti kemampuan untuk boot dari hard drive virtual. Edisi ini adalah pilihan yang baik untuk laptop maupun desktop yang akan anda gunakan untuk seluruh kebutuhan entertainment di dalam rumah,.. :)
"Jika Anda sedang mencari komputer dengan fitur dasar untuk update web, email, dan Microsoft Office, maka mungkin Anda bisa memilih Windows 8 Core. "
Edisi ini juga memiliki user interface yang baru. Sebenarnya Windows 8 Core hampir identik dengan Windows 8 Pro kecuali fitur WMC nya dan tidak bisa boot dari hard drive virtual. Jika di dalam rumah anda terdapat beberapa mesin komputer, maka edisi ini adalah pilihan yang tepat.. :)
"Jika Anda menyukai kesederhanaan fitur dari tablet, maka mungkin Anda bisa memilih Windows RT. "
Perbedaan antara RT dan versi lainnya adalah versi RT tidak akan dapat menjalankan program Windows yang sudah uzur. Sebaliknya, edisi ini didesain untuk menjalankan aplikasi yang dapat didownload melalui Windows Store. Spesifikasi komputer minimal yang dapat menjalankan RT, sudah pasti tidak akan dapat menjalankan versi Windows 8 yang lain, sehingga jika anda hanya ingin menginstall Windows 8 pada tablet anda, maka edisi ini adalah pilihan yang tepat... :)
"Jika Anda membutuhkan sistem komputerisasi untuk perusahaan skala menengah hingga keatas atau mungkin hobi IT yang membutuhkan keamanan data, maka mungkin Anda bisa memilih Windows 8 Enterprise  "
Edisi ini adalah edisi yang paling lengkap dari seluruh edisi Windows 8. Di dalam edisi ini, terdapat fitur Remote Desktop yang dapat membuat Anda melihat dan mengendalikan komputer lain (atau sebaliknya) untuk memberikan demonstrasi atau dalam penyelesaian suatu masalah. Pada bisnis, biasanya diperlukan enkripsi data yang dapat dijalankan oleh fitur AppLocker, alat enkripsi bawaan. Tetapi edisi ini sebenarnya diperuntukkan bagi bisnis yang menangani kapasitas besar, multi-komputer yang bekerja sama dengan Microsoft, bukan untuk konsumen rumah tangga. Jadi kesimpulannya, jika anda memiliki sebuah perusahaan besar yang membutuhkan kinerja multi-komputer atau membutuhkan keamanan data, maka edisi ini adalah pilihan yang tepat,. :)
Berikut perbedaan edisi Windows 8 yang lebih lengkap yang saya dapat dari website resmi Microsoft :

Feature name
Windows 8
Windows 8 Pro
Windows RT
Upgrades from Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium
Upgrades from Windows 7 Professional, Ultimate
Start screen, Semantic Zoom, Live Tiles
Apps (Mail, Calendar, People, Messaging, Photos, SkyDrive, Reader, Music, Video)
Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint, OneNote)
Internet Explorer 10
Device encryption
Connected standby
Microsoft account
Desktop
Installation of X86/X64 and desktop software
Updated Windows Explorer
Windows Defender
SmartScreen
Windows Update
Enhanced Task Manager
Switch languages on the fly (Language Packs)
Better multiple monitor support
Storage Spaces
Windows Media Player
Exchange ActiveSync
File history
ISO / VHD mount
Mobile broadband features
Picture password
Play To
Remote Desktop (client)
Reset and refresh your PC
Snap
Touch and Thumb keyboard
Trusted boot
VPN client
BitLocker and BitLocker To Go
Boot from VHD
Client Hyper-V
Domain Join
Encrypting File System
Group Policy
Remote Desktop (host)



Kalau ingin melihat lebih lengkap, bisa klik disini : Click Here

Pernahkah anda melihat Windows 8 Pro N version dan yang Non-N Version? 

Nah perbedaan diantara keduanya adalah ketersediaan fitur Windows Media Player (WMP). Pada seluruh versi N, anda tidak akan menemukan WMP karena sebenarnya versi ini hanya di gunakan di wilayah Eropa yang dulu pernah terjadi perselisihan mengenai pelanggaran hak cipta pada WMP.

Sebenarnya apa saja sih yang berbeda antara Windows 7 dan Windows 8? 

Gambar dibawah ini mungkin dapat menjawab pertanyaan tersebut,.. :)


Jika anda ingin mengetahui review tentang penggunaan Windows 8 ini, anda dapat melihat postingan saya tentang Review Sisi Keunggulan dan Kelemahan Windows 8.

Untuk tutorial cara aktivasinya, bisa dilihat pada postingan saya tentang Tutorial Cara Aktivasi Windows 8 melalui Skype atau anda dapat menggunakan KMS Activator... :)


Sekian pembahasan tentang Edisi Windows 8 dari saya, semoga berguna,.. :)

12 comments:

  1. wawww, brarti windows 8 punya kelebihan yg lebih daripada windows 7 ...hehehe
    mksh sob atas infonya di atas ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, tetapi mungkin yang patut disayangkan itu hilangnya fitur aero glass di Windows 8 ini,. :( Padahal saya sangat menyukai tampilan aero glass di Windows 7 yang terlihat elegan,.. -.-

      Yah, mungkin dengan dihilangkannya fitur aero glass ini, Microsoft ingin komputer dengan spesifikasi netbook dapat menjalankan Windows 8 dengan lancar,.. :)

      Delete
  2. ada ga kriteria / spec komputer yang bisa diinstal windows 8

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kriteria atau spesifikasi minimal PC atau Laptop yang ingin diinstall Windows 8, bisa dilihat dibawah ini sob :

      - Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster with support for PAE, NX, and SSE2

      - RAM: 1 gigabyte (GB) (32-bit) or 2 GB (64-bit)

      - Hard disk space: 16 GB (32-bit) or 20 GB (64-bit)

      - Graphics card: Microsoft DirectX 9 graphics device with WDDM driver

      Agar dapat menikmati seluruh fitur yang ditawarkan oleh Windows 8, ada syarat yang bisa ditambahkan seperti sbb :

      - Untuk dapat menggunakan fitur Touch, tentunya harus memiliki tablet atau monitor yang mendukung fitur multitouch.

      - Untuk dapat mengakses Windows Store, mendownload, dan menjalankan aplikasi, sobat memerlukan koneksi internet dan resolusi layar minimal 1024 x 768.

      - Beberapa games dan program mungkin memerlukan kartu grafis yang kompatible dengan DirectX 10 atau lebih tinggi agar dapat berjalan optimal.

      Delete
  3. Thx sob buat infonya, kunjungi balik blog sya ya :
    http://top-ilmu.blogspot.com/2013/01/kelebihan-dan-fitur-dari-windows-8.html

    ReplyDelete
  4. Spertinya win 8 pro yg paling cocok buat harian ya..

    ReplyDelete
  5. Sepertinya win 8 pro yg paling cocok buat dipake harian ya..

    ReplyDelete
  6. kalo windows 8 single language gmn?

    ReplyDelete
  7. windows 8 pro 64-bit saya ga bisa launch beberapa game yang compatible sama windows 7 dan XP. ada tips biar bisa compatible selain 'Run as administrator' ??

    ReplyDelete
  8. Mungkin blum ada net frwork 3.5 gk gan?

    ReplyDelete
  9. Mungkin blum ada net frwork 3.5 gk gan?

    ReplyDelete