10

Review Sisi Keunggulan dan Kelemahan Windows 8 RTM Final


Windows 8 – Setelah sekitar 1,5 bulanan memakai sistim operasi ini, saya menemukan ada beberapa keunggulan dan kelemahan yang saya temui. Hal ini saya rasakan saat saya bekerja, bermain game, maupun saat mendengarkan musik. Sensasi menggunakan Win 8 memang berbeda jauh ketika saya menggunakan Win 7 karena mungkin saya merasa ada hal yang sangat unik ketika saya menggunakan sistim operasi ini untuk pertama kali.  Pihak Microsoft mengemukakan, bahwa syarat hardware agar mampu menjalankan Win 8 sebenarnya masih sama dengan syarat yang dipakai untuk menjalankan Win 7, bahkan disebutkan bahwa Win 8 lebih ringan dan mempunyai proses instalasi yang sangat cepat dibandingkan dengan windows 7 atau versi sebelumnya. Ingin tahu lebih jauh mengenai Windows 8 sob?  

Berikut spesifikasi minimal untuk menjalankan Windows 8 :
Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat 32-bit (x86) atau 64-bit (x64)
RAM: 1 gigabyte (GB) RAM (32-bit) atau 2 GB RAM (64-bit)
Hard disk space: 16 GB Tersedia ruang hard disk (32-bit) atau 20 GB (64-bit),
Kartu grafis: Perangkat grafis DirectX 9 dengan WDDM 1.0  ketas.
Baiklah, langsung saja dibawah ini akan saya kemukakan beberapa review singkat saya mengenai sistim operasi ini :

Keunggulan :

1. Waktu boot yang lebih cepat.
Ya, memang waktu boot untuk Win 8 ini lebih cepat 3 kali lipat daripada Win 7, baik saat saya aktifkan fast startup nya maupun tidak. Waktu boot saya sewaktu memakai Win 7 bisa mencapai sekitar 1,5 menit, tetapi saat menggunakan Win 8, waktu boot terpangkas hanya menjadi sekitar 15 detik saat fast startup aktif, dan 30 detik saat fast startup nonaktif. Untuk tutorial tentang fast startup dapat anda baca disini
2. Metro UI yang Indah
Interfacenya yang dijuluki sebagai Metro memang sangat dioptimalkan oleh Microsoft untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone. Segala macam kemudahan dapat kita rasakan dari adanya Metro UI ini. Jika anda ingin membuat custom dari metro UI ini, anda dapan menggunakan Decor8.
3. Sinkronisasi yang terpusat.
Maksud dari statement yang ini adalah, saya dapat mensinkronisasi akun windows live, YM, Twitter, email, dan lainnya hanya dengan satu kali klik. Hal ini sangat membantu saya untuk konektifitas saya ke teman-teman saya.
4. Tidak membutuhkan upgrade PC
Seperti yang sudah saya katakan diatas, Microsoft pernah menyatakan bahwa komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga pengguna tidak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah sangat cukup untuk menjalankan OS ini.
5. Windows Store
Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Disini kita dapat menemukan berbagai aplikasi yang kita butuhkan. Namun sayang sekali jumlah aplikasi yang ada sekarang masih sangat sedikit, mengingat sistim operasi ini masih baru. Tetapi saya perkirakan 3 atau 4 bulan lagi aplikasi yang dibuat para developer segera akan memenuhi Store tersebut,.. J
6. Mendukung NFC (Near Field Communications)
Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital.
7. Shortcut yang mudah.
Banyak sekali shortcut yang dapat mempermudah kita pada Win 8 ini. Contohnya saat kita akan menutup sebuah desktop dan berpindah ke desktop baru, kita cuma harus menahan klik kiri pada bagian atas desktop, dan menariknya kebawah, so simple. Selain itu kita juga dapat menutup berbagai macam aplikasi Metro yang berjalan hanya dengan mengarahkan mouse ke ujung kiri atas layar, klik kanan, dan close saja aplikasi yang akan ditutup,.. 


Kelemahan :

1. Banyak driver VGA yang belum compatible.
VGA saya menggunakan ATI Radeon HD4550 dan sampai artikel ini saya tulis, belum ada driver yang dapat saya install di computer saya. Mungkin beberapa bulan lagi baru ada driver yang menunjang VGA saya. Jika anda ingin mencari driver untuk VGA ATI, anda dapat melihat pada artikel saya disini.
2. Hilangnya Blur dan Glass Transparency pada window dan Taskbar.
Fitur ini sudah hilang sama sekali pada Win 8, yah walaupun pada taskbar masih terlihat transparansi nya namun tidak terdapat efek blur seperti pada Win 7. Menurut saya ini menghilangkan keindahan sistim operasi yang sudah diciptakan oleh Microsoft sendiri sejak Win Vista keluar. Sebenarnya ada efek positif dari hilangnya fitur blur dan glass ini, yaitu computer jadi bekerja lebih ringan,.. Ada jalan agar fitur ini kembali ada, namun hasil nya agak terasa laggy. Untuk tutorialnya sudah saya tulis di blog ini tentang Mengaktifkan Fitur Glass Transparency pada Windows 8.
3. Tidak ada opsi untuk merubah tiles menjadi icons.
Pada ukuran tiles terkecil, tampilannya masih terlalu besar menurut saya. Jadi saat nantinya kita menginstall banyak aplikasi, maka otomatis screen Metro yang tampak akan terlihat sangat berantakan dan kita harus mengaturnya sedemikian rupa agar tidak mengganggu kinerja kita.
4. Tombol Start yang menghilang.
Ini adalah salah satu sisi negatif terbesar pada Win 8 menurut saya. Para pengguna yang biasa menggunakan Windows sejak lama, pasti akan mengalami kebingungan saat dia pertama kali menjalankan Win 8 dan hal ini juga terjadi pada saya. Saya membutuhkan adaptasi sekitar 2 minggu untuk membiasakan diri tanpa keberadaan start menu. Dan otomatis saya juga mencari cara agar bagaimana Win 8 dapat shutdown  hanya dalam satu langkah saja dan List Shortcut Keyboard yang dapat saya gunakan untuk mempermudah kinerja saya. Selain itu, kita juga dapat mengakali dengan menambahkan software third-party agar start menu kembali muncul hanya dengan menginstall Start8.
5. Metro App inkompatibel pada netbook.
Metro App memang bisa bekerja baik di tablet dan desktop tapi fitur tersebut sangat tidak kompatibel jika digunakan pada netbook dengan resolusi layar 1024x600. Dengan kata lain seharusnya Microsoft segera melakukan perubahan bagaimana caranya agar pengguna netbook dapat menjalankan fitur Metro App tersebut tanpa mengurangi kualitas grafis yang akan didapat.. Bagi anda yang suka otak-atik netbook, anda bisa mencoba Merubah Resolusi Netbook agar cocok dengan Metro App.,. 
Sekian review singkat saya mengenai Win 8 yang bisa saya utarakan, mungkin diantara para sobat sekalian ada yang mengalami seperti saya atau ada hal lain mengenai keunggulan dan kelemahan Win 8 ini, dapat ditulis di bagian komentar di bawah blog ini. Semoga dapat membantu pertimbangan anda yang akan menginstall Win 8 ini di computer anda,.. 


Selamat pagi dan selamat beraktifitas,.. :)

10 comments:

  1. I am from India. I bought a Sony Vaio netbook last december 2011, and it has the screen resolution 1366x768 which is the miniumum requirement for metro apps and works fine....thanks.
    By the way, win 8 doesn't work with the normal USB broadband connection. It needs wifi only. Do you have any solutions for that?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Siddhu, what kind of usb broadband connection do you have? It's like usb modem stick or something else? if you use the usb modem stick, you must upgrade the driver to the latest version that is already support Win 8 OS,.. :)

      Delete
  2. Gan, kenapa ya letak huruf pada keyboard berubah? COntohnya waktu pencet (@)malah jadi ( " ). Ada solusinya gak? kayaknya bukan pada keyboard. soalnya waktu buka on screen keyboard, ternyata letaknya beda sama keyboard

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Mungkin settingan regional and language nya berubah gan,.. Cara ngerubahnya gini :
      1. Masuk ke Control Panel..
      2. Kemudian masuk ke Language..
      3. Nah itu kan keliatan settingan default nya, add language aja, pilih English, terus keyboard layout pilih US,. Jangan lupa setting default nya pindah ke language yang baru dibuat ini,..
      4. Coba ditekan lagi shortcut keyboard yg bermasalah tadi,.. Mudah2an berhasil,.. :)

      Delete
  3. salam kenal gan,
    saya ru nyoba pake windows 8 and masih awam, apa profil windows 8 bisa ganti?

    thank's gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya mengganti foto profil atau yang lain sob? Mungkin bisa lebih diperjelas lagi pertanyaannya,.. :)

      Delete
  4. Salam kenal
    Saya sangat awan sekali ttg windows, beberapa hr yg lalu ditawari laptop lenovo ideapad dg OS windows RT, krn pertimbangan harga dan design yg bagus saya beli. Tapi saya bingung dg aplikasi yg minim sekali bahkan saya tdk bisa menginstall printer untuk OS RT ini.. dan beberapa aplikasi store yg yg saya download spt movie tetep tdk biisa memutar video dg format spt yg di tawarkan di store.

    Mohon saran, apakah bisa saya ganti/ install ulang windows RT ini ke windows 8/8 pro? dan apakah win 8/8pro bisa install printer hp dll sehingga bisa digunakan unyuk bekerja spt biasa. Ohya dlm store di windows RT ini juga ada aplikasi HP printer tapi setelah sy download tetep meminta sotwarenya. Atau adakah type printer yg support windows RT?

    Mohon saran.. Teima kasih

    hasyim




    ReplyDelete
    Replies
    1. Windows RT biasanya digunakan pada komputer dengan spek tablet atau tablet dengan prosesor ARM yang hanya digunakan untuk mengetik, menonton film standard, dll,.. Jadi komputer ini tidak dapat menjalankan program yang terlalu berat seperti Photosop, corel, atau sejenisnya,.. Untuk memutar film, sobat mgkn bisa coba mendownload K-Lite Codec Pack atau VLC,..

      Untuk melihat spesifikasi minimal yang dibutuhkan,mungkin sobat dapat melihat halaman Windows 8 Pro yang ada di blog ini,.. Untuk perbandingan antar Windows 8, bisa melihat artikel saya tentang Penjelasan Perbandingan Windows 8,..

      Kalau saya lihat, lenovo ideapad biasanya memakai prosesor ARM, mungkin agak sedikit berat jika memakai Windows 8 Pro maupun Windows 8 Core, tapi bisa dicoba kok sob,.. Toh persyaratan prosesor minimal yang diharuskan oleh Microsoft itu 1 GHz, jadi selama kecepatan prosesor diatas 1 GHz saya kira masih kuat2 saja,.. Hehe

      Hmm,.. Untuk masalah printer memang sampai sekarang masih banyak printer yang masih belum support Windows RT sob,.. Setau saya printer yang kompatibel dengan Windows RT mungkin HP Photosmart, Canon Pixma, dll,..

      Untuk driver printer nya, kalau blh saya sarankan mending download langsung dari website nya sob, jangan dari Microsoft Store nya,.. :)

      Delete
  5. Salam kenal, saya baru beli laptop baru dan hampir semua laptop baru itu menggunakan windows 8. Kalau untuk install software2 desain itu lihat versi software yang kira2 compatible dengan windows 8 bagaimana ya? Takutnya salah install software, bisa eror windows 8. Makasih ^^

    ReplyDelete
  6. Mas, mau tanya nih, bagaimana dengan driver laptop/notebook yg terinstal win 8? apakah semua terdukung dengan baik? karena saat saya cek ke web official laptop yg saya gunakan tidak tersedia versi driver win 8, apakah ini akan mengganggu kinerja dari notebook ya saya gunakan

    saya meyakini driver sangatlah penting untuk kemaksimalan kinerja notebook terutama pada VGA, wifi, LAN, dll

    kira-kira ada solusi lain gak?

    terima kasih

    ReplyDelete