2

Tutorial Mengaktifkan Efek Transparansi Aero Glass Pada Windows 8

Transparency Effect Aero

Aero Glass -  Fitur ini telah dihilangkan pada Windows 8 RTM yang baru saja dirilis oleh Microsoft. Tidak sedikit pengguna yang kembali Win 7 hanya karena mereka kecewa tampilan yang begitu sederhana. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar fitur aero glass transparan ini kembali muncul. Walaupun cara ini tidak bisa bekerja sempurna karena efek blur nya tidak ada, dan agak sedikit “laggy” jika jendela nya coba anda gerakkan. Ingin tahu lebih jauh sob?


Untuk membuat jendela terlihat transparan, kita akan menggunakan setting tema High Contrast sebagai default, dan yang pasti dilakukan dengan sedikit modifikasi,.. hehe Sedangkan untuk tutorialnya, silahkan simak langkah-langkah dibawah ini :


1. Klik kanan pada desktop anda lalu pilih Personalize

Transparency Effect Aero Step 1

2. Pada jendela berikutnya klik High Contrass White untuk mengaktifkan theme ini
3. Jika sudah klik Color

Transparency Effect Aero Step 3

4. Jika sudah kembali ke desktop, jangan klik apapun pada jendela color and appearance biarkan jendela tetap dalam keadaan terbuka (jangan di close).
5. Pada desktop kembali klik kanan > personalize

Transparency Effect Aero Step 5

6. Akan muncul jendela Personalization untuk yang kedua kalinya. kali ini klik salah satu dari default themes yang ada disana, sebagai contoh kita pilih saja Windows
7. Tema default windows akan kembali diaktifkan. sekarang kembali ke jendela Color and appearance. klik tombol save change yang ada disana. dan sekarang anda akan mendapatkan jendela windows 8 yang transparan.
Transparency Effect Aero Step 6

Jika anda merasa kesusahan dengan cara-cara yang saya tulis diatas, sebagai alternatif ini, ini akan saya share program gratis yang bisa membuat jendela Win 8 anda transparan. Nama programnya Aero Tuner, dapat di download di sini. Setelah download, langsung extract saja dan double klik Aero8Tuner.exe. Program ini tidak perlu di install aka bisa langsung dijalanin.

Agar anda mendapat efek transparansi, centang pilihan Force high contrass mode, setelah itu jendela windows 8 anda akan kelihatan transparan. 

Aero8Tuner

Jika anda merasa sudah cukup setting nya, berikutnya tinggal klik tombol Save write setting to registry.

Selamat mencoba,.. :)

2 comments:

  1. Gan Kok Pas Saya Mau Klik Aero8tuner.exe Kok Ada Tulisan 1% is not a valid win32 application

    ReplyDelete
  2. Biar bisa transparan secara permanen gimana ya caranya.?

    ReplyDelete