276

Tutorial Membuat Wifi Hotspot di Windows 8



Membuat Wifi Hotspot di Windows 8 – Assalamualaikum Wr.Wb, pada post kali ini saya akan berbagi kepada para sobat sekalian tentang bagaimana sih cara membuat hotspot pada laptop windows 8 kita. Sementara pada windows 7 kita selalu bisa menggunakan WiFi HotSpot atau Connectify untuk membuat hotspot WiFi, saya akhirnya ingin membuat satu hotspot dengan menggunakan sistim operasi Windows 8. Prosedur untuk membuat hotspot pada Windows 8 sedikit berbeda dengan Windows 7. Ketika saya mencoba untuk melakukannya pada laptop saya dengan OS Windows 8, saya melihat kalau pengaturan untuk membuat jaringan ad hoc melalui Network and Sharing Center tidak ada. Lalu satu-satunya jalan untuk membuat ad-hoc adalah dengan menggunakan utilitas netsh. Ingin tahu lebih jauh? 

Aktifkan Internet Connection Sharing di Windows 8

Untuk memulai, Anda harus memulai perintah pertama sebagai administrator. Buka Win + X pada menu dan pilih Command Prompt (Admin).



Windows CMD akan terbuka. Ketik command berikut dan tekan Enter:
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=AriNet key=artechies
Keterangan : AriNet adalah nama laptop saya dan artechies adalah password saya.

Selanjutnya, ketik kode berikut di windows CMD dan tekan Enter:
netsh wlan start hostednetwork


Sebelum melangkah lebih jauh, kita bahas sedikit apa itu Wireless Hosted Network.
Wireless Hosted Networks WLAN features are supported on Windows 7, Windows Server 2008 R2 and later with the Wireless LAN Service installed. This feature implements two main functions:
Virtualization of the physical wireless adapter into more than one virtual wireless adapter is sometimes called Virtual Wi-Fi.
A software-based wireless access point (AP) is sometimes referred to as SoftAP using the designated virtual wireless adapter.
Anda bisa melihat penjelasan yang lebih dalam mengenai Wireless Hosted Network dan perintah netsh di MSDN .

Buat hotspot WiFi di Windows 8

Selanjutnya buka Control Panel \ Control Panel Items All \ Network and Sharing Center. Pada sistim operasi Windows 7, terdapat pilihan Manage wireless networks link, sedangkan pada Windows 8 tidak ada pilihan seperti itu.



Klik pada Change adapter settings. Anda akan melihat semua Network Connections.


Anda dapat melihat yang baru dibuat AriNet (Koneksi Local Area 13)  di sini. Klik kanan pada koneksi yang sedang Anda gunakan (dalam kasus saya ZTE Wireless Terminal) untuk terhubung ke Internet dan pilih Properties.



Klik pada tab Sharing di kotak Properties ZTE dan pilih Izinkan pengguna jaringan lain untuk terhubung melalui koneksi internet komputer . Di bawah koneksi jaringan Depan , dari menu drop-down, saya memilih Koneksi Local Area 13 dan klik OK.

Selesai !!

Anda bisa berbagi koneksi internet dan menciptakan hotspot Wi-Fi dari laptop Windows 8 Anda untuk digunakan bersama teman-teman atau keluarga anda.

Untuk mengkonfirmasi hotspot yang telah saya buat, saya mencoba membuka menu Settings pada Galaxy Tab 7.7 milik saya, pilih Wi-Fi, dan pilih jaringan yg telah dibuat lalu masukkan password yang telah kita tentukan tadi.



Sekarang saya bisa browsing dan download aplikasi dalam jumlah besar pada Galaxy Tab saya tanpa takut kuota habis... Hehe

UPDATED TUTORIAL WiFi HOTSPOT (PROBLEM SOLVING) #1 !!

Sepertinya banyak dari beberapa sobat yang saat mencoba mengetik :
netsh wlan start hostednetwork “ 
pada Command Prompt (Admin) keluar tulisan seperti :
"The hosted network couldn't be started. The group or resource is not in the correct state to perform the requested operation". 
Berikut saya mencoba memberikan beberapa solusi terkait permasalahan tersebut. Solusi ini saya berikan menurut pengetahuan yang telah saya dapat dari beberapa referensi dari internet maupun buku, jadi jika sobat sekalian merasa cara yang saya berikan ini kurang benar, atau mungkin punya solusi yang lebih baik, silahkan berkomentar pada form yang sudah saya sediakan dibawah postingan ini.. :)
         
Berikut beberapa solusi untuk memperbaiki masalah tersebut :

Problem Solving 1 :

Cek apakah WiFi sobat sudah menyala atau belum. Hal ini yang paling penting sebelum menuju ke problem solving yang selanjutnya.

Problem Solving 2 :

Silahkan melakukan update driver module WiFi sobat ke versi yang terbaru. Untuk mengecek apakah driver WiFi kita sudah update atau belum adalah dengan masuk ke dalam direktori "Internet Connections" , klik properties pada WiFi dan klik Configure.

Problem Solving 3 :

Coba pergi ke Control Panel, masuk ke bagian "Device manager", dan langsung cari "Network Adapters". Disitu pasti sobat akan menemukan "Virtual wifi adapter" atau sejenisnya, klik kanan disitu, lalu klik "Enable". Setelah semua selesai, coba buka Command Prompt (Admin) lagi, dan coba jalankan lagi perintah "netsh wlan start hostednetwork", biasanya problem tersebut sudah hilang.
.


Problem Solving 4 :

Jika saat mencoba membuat WiFi Hotspot ini sobat menggunakan koneksi internet melalui melalui WiFi yag tersambung ke WiFi Hotspot, sebaiknya koneksi tersebut HARUS diputus bukan WiFi nya yang dimatikan, hal ini dilakukan agar pembuatan server (ad-hoc) berhasil. Karena pada saat saya mencoba proses pembuatan WiFi Hotspot ini, koneksi WiFi saya dalam keadaan tidak tersambung ke jaringan manapun.

Semoga berguna,.. :)

276 comments:

  1. sip gan, mohon share artikel ini di blog saya gan...... buat referensi link

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip,.. Jangan lupa cantumkan sumbernya ya,.. :)

      Delete
  2. Makaih Agan buat ilmunya ini, tapi kok setiap di matiin atau restat kok ilang ya gan?biar gak ilang-ilang gimana gan?terimakasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, jadi setelah restart memang hilang lagi settingan wifinya,.. Saya juga belum menemukan caranya biar settingannya permanen,.. -.-

      Untuk sementara, kalau settingannya mau permanen, mgkn bisa memakai software wifi creator third party seperti seperti Connectify,.. Saya juga memakai nya untuk Windows 8 di laptop saya,.. :)

      Delete
  3. gan kok ane ga bisa ya? tulisannya "The wireless autoconfig is not running

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Mungkin WLAN AutoConfig Service (Wlansvc service)-nya belum jalan sob,..

      Coba masuk ke menu Control Panel >> Administrative Tools >> Service,.. Nah disitu cari yang namanya WLAN AutoConfig, klik kanan >> Properties.. Set "Startup type:" ke Automatic, klik Apply, selanjutnya klik OK, lalu restart komputer...

      Silahkan coba lagi bikin wifi hotspot sesuai tutorial diatas, Insya Allah problem tadi sudah hilang.. :)

      Delete
  4. ini uda berhasil gan langkah 1 nya. trus pada langkah 2 pas saya ketik "netsh wlan start hostednetwork" tulisannya malah "The hosted network couldn`t be started. the group or resource is not in the correct state to performe the requested operation"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masuk ke Control Panel >> Device Manager, cari "network adapters", setelah itu disana pasti ada virtual wifi adapter, klik kanan disitu dan klik "enable" atau jika sudah jalan, coba di disable dulu, baru di re-enable lagi... :)

      Setelah langkah diatas selesai, coba buka cmd(admin), lalu coba lagi perintah "netsh wlan start hostednetwork"... :)

      Delete
    2. saya sudah coba berkali-kali tapi malah "The hosted network couldn`t be started. the group or resource is not in the correct state to performe the requested operation"
      Saya coba restart laptop saya tetap tidak bisa. mohon pencerahannya. ditunggu.

      Delete
    3. Hmm,.. Driver wifi nya sudah terinstall atau belum? Apakah driver nya selalu terupdate dengan versi yang paling baru?

      Delete
    4. ini solusi nya gan :P. " my computer klik kanan, pilih manage" dah masuk ke computer management kan terus " klik device manager, terus klik Network Adapters" nanti ada tanda panah yg arti nya terdisable. klp nggak ada juga klik view dan show hidden devices, nah klo muncul berarti wifi driver agan minta di update dolo :D

      Delete
  5. virtual wifi adapter nya ga ada gan. gmn ni? aduh kok kom ane belang sendiri dari kom yang laen ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ga ada virtual wifi adapter, coba cari yang namanya wireless network adapter atau sejenisnya sob,.

      Atau mungkin bisa coba diuninstal/hapus driver adapter nirkabel, kemudian instal ulang lagi driver untuk adapter,. Setelah itu baru re-enable network adapter virtual-nya... :)

      Delete
  6. ga bisa gan. lebih tepatnya ga ngerti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, dicoba pelan-pelan saja sob,.. Pasti ngerti kok nanti,.. :)

      Delete
  7. alhamdulillah bisa gan . tapi wkt saya connect in wifi laptop satunya kok ada tulisan limited ? kenapa ya ? mohon bantuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Windows Firewall nya dimatikan dulu sob,.. Setelah itu coba koneksikan lagi,.. :)

      Delete
  8. nah sekarang aneh lagi untuk langkah kedua "netsh wlan start hostednetwork" malah muncul balesan "the hosted network couldn't be started . a device attached to system is not functioning" mohon pencerahannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba reinstall driver wifi yang dipakai sob, lalu di re-enable.. Untuk solving problem nya mgkn bisa ikuti cara-cara seperti masalah Hans diatas.. :)

      Delete
  9. Thanks gann!! Alhamdulillah berhasil. Makasih banget ya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  10. udah berhasil tapi setelah saya disable kok malah ilang gan trus saya masuk lagi tapi gk muncul di adapter

    ReplyDelete
  11. local area 14 di contlrol panel gan lebih tepatnya di adapter setelah saya disable trus hilang dan gk muncul lagi gimana caranya munculkan lagi makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dimaksud itu Local Area 14 tempat sharing connection?

      Delete
  12. sudah aq coba semua langkahna, wifi terbuat dan dapet dikoneksikan ke hp, namun no internet access, alias gada internet accessnya, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Internet connection sharing nya apakah sudah di centang sob? Selain itu coba kroscek IP Addres nya jangan di set ke static dan windows firewall dinonaktifkan,.. :)

      Delete
  13. Wah, untung nemu artikel ini, jadi smartphone bisa lebih hemat kuota kalo kayak gini ceritanya :D
    Izin share bro, tapi nggak lupa mencantumkan sumbernya kok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, silahkan sob.. Tapi jangan 100% copas ya,.. :)

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Mas maaf nih mau nanya. saya udah diikutin langkah2nya, udah berhasil juga bikin koneksi wifinya, udah ke sharing koneksi internetnya juga (liat di statusnya).
    Tapi masalahnya, pas laptop yg satu lagi mau konek ke wifi ini (Laptop OS 7), udah konek ke wifinya tp internetnya ga ke sharing. Mungkin bisa kasih solusinya ? xD
    maksih sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek dulu firewallnya sama IP Address nya sob, biasanya koneksi nya terblokir atau IP nya static,.. :)

      Delete
  16. ada crita lucu nii gan,, ane kan udah setting virtual wifi sesuai petunjuk agan...
    ehhh pas saya type "netsh wlan start hosted network" malah muncul text "a device attached to the system is not functioning" ....
    3 jam ane keliling dunia maya kagak nemu solusi buat slesein ttuu masalah,,
    ternyata masalah nttu karena faktor keslahan saya sendiri, WIFI SAYA BELUM DI NYALAIN.... hahahhaha

    hikmah : jangan dulu tanya and salahin admin,, cek dulu baik-baik kali aja kita yang teledor... haha


    btw nice info gan..
    good job,, i like it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada-ada aja nih si agan,.. hahaha

      Sip,. :)

      Delete
  17. gan ni hotspot bias gak di gunain di laptop sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya digunain di laptop sendiri bagaimana ya sob?

      Delete
  18. Replies
    1. Kalau dari laptop sendiri kan, sudah otomatis tersambung ke internet,.. Fungsi tutorial membuat wifi hotspot ini untuk share internet dari laptop kita ke device lain,.. :)

      Delete
  19. terus kan saya sudah melakukan langkah2 gan tentang buat hotspot tapi kenapa malah no internet acces :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih no internet access, biasanya step terakhir ini banyak yang salah tangkap,.. Coba cek lagi di bagian tab properties tempat akses internet sobat, kalau punya saya namanya ZTE Wireless Terminal,..

      Setelah itu klik ke tab "Sharing", centang bagian "Allow other network users to connect through this computer's Internet connection", lalu pilih kemana akses internet akan di share (Dalam hal ini Virtual Wifi Network yang telah saya buat namanya Local Area Connection 13),.. Terakhir tinggal klik "Ok",..

      Delete
  20. gan, kan sekarang hotspot saya udah ada internet accessnya tapi kenapa hotspotnya gak bias digunain di hp saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih belum bisa menyambung, biasanya tergantung device nya sendiri sob,.. Kadang yang agak lama itu saat proses acquiring IP Address,..

      Kalau dari device lain seperti laptop atau tablet bagaimana? Apakah sudah dicoba?

      Delete
  21. Replies
    1. Hmm,.. Coba HP nya di restart dulu, lalu dicoba disambungkan kembali,.. :)

      Delete
  22. sekarang di lapotop lain malah limit gan

    ReplyDelete
  23. oh ya satu lagi gan maaf kalo saya terlalu banyak nanya ke agan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gapapa sob, selama saya masih bisa bantu pasti saya bantu,.. :)

      Hmm,.. Penyebab limited connection banyak sob, contohnya seperti dibawah ini :

      1. Koneksi dibatasi oleh windows firewall, jadi coba dimatikan dulu firewallnya..

      2. Driver wifi belum terinstall atau tidak update,..

      3. Uninstall atau disable semua 3rd party security suite atau firewall jika ada,..

      4. Jika tidak menggunakan homegroup, bisa di disable IPv6 untuk wireless adapter, dan disable juga IP helper service,..

      Kalau sudah dicoba semua langkah diatas tetapi koneksi masih limited, coba diulang saja dari awal step2 membuat wifi hotspot-nya sob, biasanya ada salah satu step yang terlewat,.. Hehe

      Kalau masih tetep tidak bisa, mungkin sebagai alternatif lainnya sobat bisa coba pakai third party software seperti Connectify Pro, Wifi Hotspot Creator, dll,.. :)

      Delete
  24. ow,, trus jaringan asalnya (admin ) pake modem pa juga line sinyal wifi sob di bagi sinyal gitu sob klo modem lelet ya sob ntar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, line internet dari modem dibagi dua dengan Wifi,.. Jadi ya kalau koneksi modemnya agak lemot, wifi nya juga ikutan lemot...

      Saran saya ya kalau koneksi wifinya mau dibagi untuk banyak orang, bisa pakai paket internet yang lebih mumpuni biar koneksinya stabil,.. Hehe

      Delete
  25. firewall nya dah di matiin tapi tetep ngak bisa, gimana tu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ulangi step nya mulai dari awal sob, biasanya ada yang terlewat secara ga sadar.. :)

      Delete
  26. akhirnya setelah saya belajar ke agan cara buat hotspot di laptop. akhirya saya bisa membuatnya wifi hotspotnya dengan sempurna dan bisa di coba ke semua gadget saya, makasih ya agan sudah mau membantu saya untuk membuat wifi :) =D

    ReplyDelete
  27. kk aku dah ketik "netsh wlan start hostednetwork" tapi kok muncul tulisan You must run this command from a command prompt with administrator privilege.
    kalau gitu solusinya gimana?

    ReplyDelete
  28. gimana sob kok malah muncul
    Microsoft Windows [Version 6.2.9200]
    (c) 2012 Microsoft Corporation. All rights reserved.

    C:\Windows\system32> netsh wlan start hostednetwork
    You must run this command from a command prompt with administrator privilege.


    C:\Windows\system32>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti itu command prompt yang digunakan bukan yang Command Prompt(Admin) seperti yang saya contohkan diatas sob, makanya keluar tulisan seperti itu,..

      Waktu awal2, tekan Win+X, terus pilih Command Prompt (Admin) seperti yang ada di gambar di SINI...

      Kalau tanya koneksi internetnya ngebut apa enggak, ya tergantung koneksi internet aktif atau provider internet yang sobat pakai ,.. Hehe

      Delete
  29. kalau ketik di run gimana ?? masalahnya aku pake Start Menu X

    ReplyDelete
  30. thanks ya gan dah bisa nih =_= ;)

    ReplyDelete
  31. gan gimana nih !!! sebenarnya dah bisa tapi saat aku disable wirelessnya ilang lalu aku ketik lagi kok gak bisa, wirelessnya gak muncul malah muncul tulisan begini : "The hosted network couldn`t be started. the group or resource is not in the correct state to performe the requested operation"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk solusi permasalahan ini, silahkan baca update-an yang sudah saya buat dengan judul UPDATED TUTORIAL WiFi HOTSPOT (PROBLEM SOLVING) #1,.. :)

      Delete
  32. kenapa ya gan pas android saya mau nyambung kok tulisannya mendapatkan ip address gitu terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada beberapa device Android memang sering stuck pada proses obtaining IP Address sob..,. Solusinya mungkin bisa disetting ke static IP Address pada device Androidnya,..

      Caranya pergi ke menu Setting >> Wireless and Network >> Wifi setting >> klik tombol menu >> Pilih Advance. Lalu centang pilihan "use static IP Address" dan masukkan konfigurasi IP dibawah ini :

      IP Address : 192.168.1.253
      Gateway : 192.168.1.1
      Netmask : 255.255.255.0
      DNS1 : 8.8.4.4
      DNS2 : 4.4.4.4 / 8.8.8.8

      Semoga berhasil,. :)

      Delete
  33. Kalo buat windows phone 7, bisa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk di Windows Phone 7 saya tidak begitu tahu bisa atau tidak, karena saya belum pernah mencobanya dan juga tidak punya gadgetnya,.. Hehe :)

      Delete
  34. Kalo buat handphone gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti saya coba cari dulu ya caranya,.. :)

      Delete
    2. Kenapa waktu buka network and sharing center, access type nya 'no network access' ?

      Delete
  35. saya udah coba gan' udah berhasil sih
    tapi masalhnya gini pas ane mau koonect wifi lewat bb ane ko katanya "gagal mendapatkan alamat ip"
    please help solusi nya dong gan

    ReplyDelete
  36. tambahan gan pas ngetik "netsh wlan start hostednetwork"
    dan gimana cara nonaktifin windows firewall nya
    mkasih dan maaf terlalu banyak nanya

    ReplyDelete
  37. gan kok tetep gak bisa??
    soalnya waktu itu udah bisa buat wifinya terus aku enable.in trs gmn dong??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabisa nya gimana? Bisa dijelaskan lebih rinci?

      Delete
  38. bales komen gua dong bang lagi butuh banget niieee
    plizzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sori long respon, tadi saya masih ada urusan soalnya,.. Hehe

      Coba direstart BB nya dulu sob, kadang memang penangkapan sinyal maupun acquiring IP Address nya tergantung dari device itu sendiri..

      Pas ngetik "netsh wlan start hostednetwork" memang keluar peringatan apa?

      Untuk cara matikan Windows Firewall, coba pergi ke menu Control Panel >> Windows Firewall >> Turn Windows Firewall On or Off >> Pilih Turn Off Windows Firewall,.. :)

      Delete
  39. saya terkena error, dan ternyata bisa di fix dari device manager.
    sangat membantu sekali. terimakasih banyak :)

    ReplyDelete
  40. lgkah ke 2 gak bsa..
    'Nets' is n0t recognize as an internal or external comand.
    Gmna gan.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Saya belum pernah mengalami problem seperti ini juga sih sob,.. Tapi ini saya nemu satu sumber yang mungkin bisa jadi solusi sobat :

      1. Coba klik kanan pada My Computer

      2. Lalu klik Properties

      3. Klik Tab Advanced

      4. Kemudian klik tombol yang tulisanya Environment Variables, nanti akan muncul panel variable.

      5. Sekarang cari tulisan System variables, kalau sudah ketemu, di bawah tulisan itu nanti ada 2 buah kolom yaitu kolom Variable dan Value

      6. Sekarang coba scroll ke bawah pada table tersebut cari tulisan Path pada kolom Variable

      7. Kalau sudah ketemu, coba lihat sebelah nya, Value nya apakah ada tertulis C:\Windows\System32\ atau tidak.

      8. Jika tidak, maka klik pada tulisan Path kemudian klik tombol Edit di bawahnya, nanti akan muncul popup Edit System Variable.

      9. Sekarang tambahkan tulisan C:\Windows\System32\; pada variable value jangan lupa ( ; ) pada akhir source.

      10. Jika ada tulisan lain selain itu, maka sobat cukup menambahkannya di depan tulisan yang sudah ada misalnya jika value nya C:\dump\bin\ maka jika di tambahkan dengan C:\Windows\System32\; akan
      menjadi C:\Windows\System32\;C:\dump\bin\

      11. Jika sudah benar penulisannya silahkan klik OK, kemudian OK lagi sampai tertutup semua window kemudian refresh desktop.

      12. Langkah terakhir lakukan restart komputer dan coba test kembali apakah sudah bisa command di cmd nya.. :)

      Semoga berhasil,.. :)

      sumber

      Delete
  41. berguna banget ni artkel...

    ijin share ya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip,.. Jangan lupa cantumkan sumbernya ya,.. :)

      Delete
  42. makasi gan kamarku sekarang penuh dengan wifi :D

    ReplyDelete
  43. kok sy ngga bisa connect di hp sy gan "Sambungan internet buruk dihindari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud pertanyaannya bagaimana ya ini sob? -.- Kalau tidak bisa connect, mungkin langkah2nya ada yang kurang,.. :)

      Delete
  44. mohon bantuan gan,, semuanya sudah oke cuman masalahnya koneksi yang digadget lambat gan padahal dilaptop kenceng...
    ada saran gak??
    thanks before :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya cepet lambatnya internet di gadget juga dipengaruhi browser yang dipakai sob,.. :)

      Delete
    2. gan waktu ane share dilaptop ada tulisan..

      An error occured while internet connection sharing was being enable


      (null)

      trus gak mau konek" dismartphone,, mohon saran gan..

      Delete
    3. Hmm, coba tekan Win+R, terus ketik 'services.msc'. Lalu start semua service yang ada dibawah ini :

      1. Application Layer Gateway Service
      2. Network Connections
      3. Network Location Awareness (NLA)
      4. Plug And Play
      5. Telephony
      6. Remote Procedure Call
      7. Windows Event Log
      8. Remote Access Connection Manager
      9. Remote Access Auto Connection Manager

      Setelah itu baru coba share lagi internet connetion nya,.. :)

      Delete
  45. gan ane ngerti cara dan udah dipraktekin bisa ko :D
    tapi ane mw nanya kalo kita pengen buat wifi sendiri bwt main game sama temen gmn caranay ? kan klo di win7 gampang tuh . mohon dibales gan :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sori long respon sob, tadi saya masih di perjalanan soalnya,.. -.-

      Wifi yang dibuat pada tutorial ini seharusnya bisa juga dipake untuk bermain game bareng kok sob,.. Yang penting firewall dimatikan,.. :)

      Delete
  46. malem all,,
    mas mau nanya, utk hp kan udh terkonek nih, tpi kenapa gk bisa inet ya?
    pdhl udh konek ke wifi nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,. Setting internet sharing nya pada sumber internet di laptop apakah sudah di cek? :)

      Delete
  47. yup sudah,
    sumber internet 3data sudah di sharing ke Local Area Connection* 13..
    step2 yg dilakukan sudah sesuai dgn yg di atas padahal.. -____-a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, seharusnya sudah bisa sih sob,.. Coba cek juga IP address nya set ke automatic,atau kalau masih belum bisa, coba diulang step2nya dari awal lagi sob,.. Hehe

      Delete
  48. oooh kalo udah kebuat local area network 13 berarti udah bisa sharing ama temen ya seharusnya ?

    ReplyDelete
  49. gan PROBLEM udah SOLVING, tapi ada problem lagi, wifi laptop kedetek di HP mati2 mulu, sekitar 3-5 menit mati gtu gan, mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. Saya juga belum pernah mengalami masalah seperti ini,.. Nanti saya coba bantu cari solusinya ya,. :)

      Delete
  50. Trus kalo kita ingin menghidupkan hotspot kita apa harus ke command prompt dan ketikkan perintah "netsh wlan start hostednetwork" lagi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup,.. Kalau mau mudah, mungkin sobat bisa membuat simple batch file seperti contoh yang bisa di download di SINI,..

      Contoh file itu saya temukan dari hasil browsing, karena saya juga belum belajar cara membuat batch file seperti itu,.. Hehe :)

      Delete
  51. kok pengambilan ip addres lama sekali .........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk proses acquiring IP Address memang tergantung gadget yang digunakan sob,.. :)

      Delete
  52. bagaimana cara sob bikin kolom teks seperti ini
    Klik untuk lihat gambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh, itu pakai CSS blockquote sob,.. Coba lihat page source blog saya, terus cari nama post blockquote,.. :)

      Delete
  53. bagaimana cara mengganti IP ADDRES di android ICS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Maksudnya mengganti koneksi IP ke static? Kalau itu yang dimaksud, mungkin langkah2 yang akan saya paparkan dibawah ini bisa membantu :

      1. Coba ke menu setting >> WiFi. Di tab WiFi nanti coba cari koneksi yang sedang tersambung, misalnya dalam hal ini koneksi saya Ari-Wifi (Screenshot).

      2. Lalu tahan agak lama pada koneksi yang tersedia, nanti pasti akan muncul pilihan "Forget Network" atau "Modify Network Config".

      3. Pilih yang modify network config, nanti akan keluar jendela seperti INI. Jangan lupa centang pilihan "Show Advance Option", pada tab IP Setting pilih "Static".

      4. Silahkan ganti ke IP Static yang sobat inginkan,.. :)

      Delete
  54. Replies
    1. Itu pakai static IP Address? Saya blm pernah menggunakan android dgn static IP Address, biasanya saya pakai default automatic,..

      Coba ulangi saja sob langkah2 diatas mulai A sampai Z, mungkin ada yg terlewat,.. Hehe

      Kalau masih tidak bisa, saya sarankan coba pakai software 3rd party seperti Connectify, atau yg lain,.. :)

      Delete
  55. Gan waktu mau setting sharing network dari LAN ane kenapa muncul tulisan: "Internet Connection Sharing cannot be enabled. A LAN connection is already configured with the IP address that is required for automatic IP addressing."
    Ane udah otak-atik IP address ane masih ga bisa gan. Mohon pencerahannya gan.

    ReplyDelete
  56. tolong buat link css blockquote nya sob

    ReplyDelete
  57. kak, saya udh brhasil tpi pas d conect k internet kok gk bisa katanya ' Server tidak Valid'.. tolong yh kk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, server tidak valid? Bisa cantumkan SS nya? Saya juga belum pernah mengalami seperti itu sob... Tapi nanti saya coba bantu cari solusinya ya,.. :)

      Delete
    2. Oiya, sudah coba cek settingan browser nya? Proxy dll,.. Jangan lupa set IP ke automatic,.. :)

      Delete
  58. gan, ko pas connect pake bb ane mlah ada tulisan "Failed to obtain IP Address", trus ane setting aja ip di BBnya... ,bisa connect gan tapi pas di cobain di browser malah ada tulisan "unable to find the requested server", itu gmna gann ? mhon solusinya ;)

    ReplyDelete
  59. tdi sdah ada jaringan wifi nya , tp ada password di clientku !!
    terpaksa sya hapus lg nama wifi ku , lalu ulangi config tdi ehh setelah sdah nulis di CMD (netsh wlan start hostednetwork) tiba22 balasan cmd nya kayak gni "the hosted network couldn't be started . the group or resourceis not in the correct state to perferm the requested operation"
    gimana cara mengatsi nya itu gan ? mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
  60. di laptop client ngak bisa konek ada tulisan help me solve connection problems gan .
    perlu di atur IP jg ngak yg ginian ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Coba baca ulasan yang sudah saya buat dengan judul "Problem Solving" pada bagian akhir postingan ini sob,.. Disitu sepertinya sudah mencakup permasalahan yang sedang sobat alami sekarang,.. :)

      Sudah mencoba Problem Solving diatas belum sob? Kalau sudah mencoba tetapi masih belum bisa tersambung, sobat bisa tinggalkan komentar lagi disini,.. Hehe :)

      Delete
  61. putus asa dah gua ,udah beratus2 kali coba dan memahami satu per satu ,tapi apalah daya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Kalau masih belum bisa2, sebagai alternatif terakhir mungkin sobat bisa pakai software third party nya saja seperti Connectify 3.7,.. :)

      Delete
  62. Gan netsh nya udah berhasil di bikin, tp pas mau konek ke device (BB, Tab) malah failed to obtain an IP Address, padahal settingan ip si hostednetworknya udah di obstain, biasanya masalah kayak gitu kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Untuk mengatasi problem: "failed to obtain an ip address pada Blackberry"

      Caranya bisa dengan mengatur pengaturan IP secara Static, sbb:

      1. Pilih > WIFI OPTION
      2. Pilih > "Automatically obtain IP Address and DNS"
      3. Klik Menu BB > Change Option
      4. Masukan Pengaturan dibawah ini:

      IP: 192.168.0.101
      Subnet Mask:255.255.255.0
      Gateway: 192.168.0.1

      DNS1: 180.131.144.144
      DNS2: 180.131.145.145

      Untuk yang android, saya sudah sebutkan caranya pada beberapa komentar diatas, coba dibaca sekilas sob,.. Hehe

      Selamat mencoba,.. :)

      Delete
  63. mas, saya error: an error occured while internet connection sharing was being enable, udah coba cara mas yg ini:
    Hmm, coba tekan Win+R, terus ketik 'services.msc'. Lalu start semua service yang ada dibawah ini :

    1. Application Layer Gateway Service
    2. Network Connections
    3. Network Location Awareness (NLA)
    4. Plug And Play
    5. Telephony
    6. Remote Procedure Call
    7. Windows Event Log
    8. Remote Access Connection Manager
    9. Remote Access Auto Connection Manager

    Setelah itu baru coba share lagi internet connetion nya,.. :)

    Read more: http://artechies.blogspot.com/2013/02/membuat-wifi-hotspot-di-windows-8.html#ixzz2VyiCY7wP

    tapi tetep gabisa mas, help please

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Coba Windows Firewall nya dinyalakan sob, set ke automatic start pada jendela services.msc, lalu restart komputer, baru coba lagi internet connection sharing nya,.. :)

      Delete
  64. udah nyala mas, tetap tidak bisa, kira2 kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Kalau gitu bisa dicoba pakai static IP address,. Caranya seperti ini :

      1. Buka Control Panel \ Control Panel Items All \ Network and Sharing Center. Klik Change Adapter Setting.

      2. Cari koneksi Wifi yang telah dibuat sobat (Dalam hal ini nama koneksi saya "Local Area Connection 13", bukan ZTE Wireless Terminal tempat koneksi internet."

      3. Klik kanan pada koneksi tersebut, lalu pilih "Properties".

      4. Lalu arahkan ke IPV 4 (TCP/IPv4, dan klik "Properties"

      5. Setelah itu masukkan

      IP Address : 192.168.0.1
      Subnet Mask : 255.255.255.0

      6. Tekan Ok.

      7. Silahkan coba lagi koneksinya,.. :)

      Ini cara terakhir yang saya tahu, kalau cara ini masih belum bisa juga, kalau sempat nanti saya bantu cari dari referensi2 luar sob,.. :)

      Delete
    2. waduhh ane jg bgini masalahnya ga bisa2.. tolong ya bang admin pencerahannya.. :(

      Delete
  65. mas, punyakumalah ada tulisannya "you must run thi command from command prompt and..... previledge" maksudnya gimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh,.. Berarti sobat belum masuk ke command prompt (admin) itu,.. Saat awal-awal, tekan Win + X, lalu lihat pada menu dan pilih Command Prompt (Admin) sob,.. Hehe

      Delete
  66. gan ane gagal mulu, "The AutoConfig Service (wlansvc) is not running" gan..
    knp ya?? mohon pencerahan nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh itu memang kadang-kadang terjadi kalau program wlansvc nya tidak berjalan sob,.. Cara mengaktifkannya begini :

      1. Klik pada Start

      2. Pada kolom Search ketik "services"

      3. Klik pada services

      Sekarang jendela services telah muncul. Di dalam jendela services cari WLAN AutoConfig. Buka fitur service ini dan klik tombol Start. Setelah service berjalan, klik Apply dan OK..

      Setelah semua cara diatas sobat lakukan, silahkan coba lagi tutorial Wifi nya sob,.. :)

      Delete
  67. Wah gan makasih banyak ya! Berguna banget infonya. Bisa internetan di kosan deh sekarang xD

    ReplyDelete
  68. gan home networking conecction nya pilihan nya cuma wi fi ama ethernet...kok gada local area conecction *13 nya...........cpt bls yah gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti local area connection nya belum terbuat sob, coba ulang step2 diatas lagi secara urut,.. :)

      Delete
  69. Nice posting gan!!!
    Ane udah bisa
    mksih

    ReplyDelete
  70. kok gak mau ngesave sih gan, terus kalo mau ganti proxy dab port bisa gak gan ini :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang setiap kali kita restart komputer, settingan local connection nya ilang sob,. -.- Nanti saya coba cari patch untuk local connection nya biar praktis,. :)

      Delete
  71. paswordny si apa gan? kok ga ada yaa?

    ReplyDelete
  72. gan langaka2nya sudah ane ikutin dan berhasil, tpi gk bsa connect di HP tulisannya "menerima alamat IP..." trus
    gimana solusinya kalo gitu gan?

    ReplyDelete
  73. udah konek tapi gak bisa internet an gan. gimana solusinya?

    ReplyDelete
  74. kenapa punya saya gak mau ngasi ip di samsungnya

    ReplyDelete
  75. gan, ipad ama android sya udh mau join (baik pake adhoc ataupun connectify-lite) tp g bs buat internetan nih gan. Mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  76. Cannot anable shared access
    Error 1061 : The service cannot accept control messages at this time
    Kenapa ya gan??
    Thanks

    ReplyDelete
  77. dari gadget saya gak bisa conect ke hotspot laptopnya pak..

    ReplyDelete
  78. malem bang, sorry gua mau tnya kan dah gua ikutin semua step nya, iya emang sih berhasil tp pass d cek ke control panel CAS (change adapter setting) ko cman ada ZTE,wifi qualcom athros sama ethernet ya, gada local connection nya..
    tolongdonk problem nya bang..

    Thank's sebelumnya

    ReplyDelete
  79. min ane udh berhasil bkin virtual networknya tp pas ane sharing malah ada message begini " An error occurred while internet connection sharing was being enabled, the service cannot accept conrol messages at this time"
    knp tuh min padahal ane setting di pc laen bsa.. mohon pencerahannya ya bang admin!!

    ReplyDelete
  80. Mas kok obtaininh ip address dr gadget saya lama? trus suka gagal mohon pencerahanya ya :)

    ReplyDelete
  81. Bang langkah2nya udh semua udh kesambung digadget saya tp kok gagal trs yah pdhal dlptop kenceng sinyalnya. Mohon bantuannya ya !

    ReplyDelete
  82. Bang lngkhnya udh smua di gdget sy udh ksmbung tp kok ggal trs yah digadget sya pdhal dlptop sinyalnya bagus...

    ReplyDelete
  83. mas, mau nanya ini kok saya pas yang dibagian ZTE terminal wireless , kan namanya ( pada bagian sharing ) , diganti jadi nama yang sesuai dengan contoh yang kaya mas local area connection 13, tapi saya local area connection 15. tapi ga ada pilihannya mas, cuma ada pilihan ethernet sama wi-fi, gimana tuh ? ga bisa di rename juga, trus ga ada pilihannya juga

    ReplyDelete
  84. sorry gan mau nanya, droid ane ko ga bisa konek ya, ip udah static, firewall udah off, mohon solusinya gan

    ReplyDelete
  85. udah semua dilakuin dan berhasil ke detect di smartphone sampai bisa tersambung,, tetapi tetep loading terus waktu coba internetan di smartphone nya, ga online2! mohon pencerahannya gan! sebagai info aj saya memakai kabel LAN speedy! mohon balasan nya gan, please!!!

    ReplyDelete
  86. woww.., terima kasih gan :)

    sangat membantu, aku coba di galaxy tab7 juga bisa :)

    terus mau tanya mas, itu kalau di connect sama laptopnya yang dipakai untuk membuat wifi tadi bisa ndak?

    ReplyDelete
  87. thank's gan artikelnya sangat membantu ...

    ReplyDelete
  88. gan udah saya ikuti tutor nya satu persatu terus udah bisa dan detect wifi hotspotnya ke hp saya, cuman saya coba pake internetnya ga bisa ya..
    padahal udah connect ke wifi yg saya buat tadi ..
    di hp saya tertulis "kesalahan jaringan"
    tolong bantuannya ya gan, soalnya ane butuh banget .
    makasih ..

    ReplyDelete
  89. bang udah ksmbung di gadget sya tp kok ggal yah pdhal lptop lancar aja sinyalnya mhn bntuannya yah

    ReplyDelete
  90. kalo win+x nda mau di clik piyeeee yooo sob???

    ReplyDelete
  91. kalo win+x nya nda mau di pencet piyeee ya gan?? newbie hehehee

    ReplyDelete
  92. kk g mana nih udah konek tapi gak bisa akses internet w firewell udh d matiin tapi gak bisa"

    ReplyDelete
  93. udh conec tapi kok gak bisa akses internet

    ReplyDelete
  94. udh conec tapi kok gak bisa akses internet

    ReplyDelete
  95. semua langkah berhasil
    wifi buatannya uda konek ke android
    smua koneksi bagus "ada tlisan internet bukan limited akses"
    option sharing sudah sama dg tutor
    firewall mati

    tapi
    Saat coba internetan di android gak konek mulu ke internetnya
    bagaimana gan ?

    ReplyDelete
  96. it's works.. thank you very much

    ReplyDelete
  97. it's work .. thank you very much

    ReplyDelete
  98. gan ane dah setting dan berhasil, tapi malah minta password padahal ane ngga buat pass , gimana tuh??

    ReplyDelete
  99. gan gue mau tnya gue kan dah berhsil buat hotspotnya .. lalu di tablet gue tuh sinyal wifi nya sdh terdeteksi dan nyambung ... tpi waktu gue mau internetan gk bisa nyambung ... gitu itu solusinya gimna .. padahal sinyal di laptop gue dah gue putusin
    mhon di balas

    ReplyDelete
  100. gan di tablet gue kan sinyal wifi nya dah terdeteksi dan nyambung .. tpi waktu di sambungin ke internet kok gk bisa y .... mohon solusinya ......

    ReplyDelete
  101. Aku Udah berhasil Cuman Pas Coba Di hape Konekin Ke Wifi . Obtain Ip Addressnya Lama Dan Langsung Terputus .

    Mohon Secepetnya Di Respon .

    ReplyDelete
  102. gan ane ga bsa waktu "netsh wlan start hostednetwork"
    jwbanya gni gan
    "the hosted network couldn't be started.
    the group or resource is not in the correct state to perform the requested operation"
    mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  103. gan step by step uda ane laksanakan tp waktu scan wifi kok kaga muncul2 ya di hp ane? gmn tuh?

    ReplyDelete
  104. Gan...ane udah ikutin cara" agan,tp pas mau konek koq tulisannya "unable to join the network" tu knpa ya gan.mohon bantuannya.makasih ^^

    ReplyDelete
  105. Assalamualaikum...
    Makasih sob, infonya bagus banget, sangat membantu. Agan merespon komentar/pertanyaan pengunjungpun dengan sangat baik. Berbagi ilmu itu indah dan barokah. Skali lagi makasih banyak sob. Lanjutkan!

    ReplyDelete
  106. minta artikelnya buat di blog saya. saya cantumkan sumbernya. terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  107. gmna ni gan, udh berhasil buat hotspotnya tpi pas saya connect lewat hp dia mau terhubung tpi tidak bisa menggunakannya sebagai hotsopt ?

    ReplyDelete
  108. gan ini udh bisa connect d tablet, tpi setiap browsing dia tidak bisa, kenapa ya ? saya pakai Smartphone Cross A27

    ReplyDelete
  109. gan gw kan udh bisa buat wifinya di windows 8 trus pas ane konek ke hp nya kok gk bisa browsing?

    ReplyDelete
  110. gan gw udh bisa buat wifinya di windows 8 trus pas ane konek kan ke hp kok gk bisa buat browsing?

    ReplyDelete
  111. Gan gimana ko masalah autentikasi

    ReplyDelete
  112. Mau nanya, kalo sudah berhasil namun di hp kita (yang dapet wifi dari laptop) itu limited gak bisa konek terus gmana caranya?

    ReplyDelete
  113. gan punya ane untuk pengaturan sharing gak ada "Local Area Connection 13". adanya Ethernet dan Wifi saja. solusinya gan?

    ReplyDelete
  114. tolong gan, di hp android ane sudah connect wifinya. tapi gak bisa buat internetan. gimana dong solusinya? ane udah masukin ip addres nya. padahal di laptop internetnya kenceng.

    ReplyDelete
  115. Gan semua langkah saya sudah coba tp ktika mau konek ke HP atau laptop ehh mlah gak bs. Gmana tu ?

    ReplyDelete
  116. ane bisa gaaan,... makasih makasih... heeeeeeeee

    ReplyDelete
  117. ane dah bisa gan, nice tutorial...kereeennnn :D

    ReplyDelete
  118. gan tolongin ane, udah puyeng 7 keliling neh..... ane udh ngikutin semua cara2 di atas, masalh awal nya pas ngetik netsh wlan start hostednetwork muncul nya The hosted network couldn't be started. The group or resource is not in the correct state to perform the requested operation, trus ane mw ngikutin problem solving nya, tp ga ngerti ma'lum gan ane super gaptek... jadi pertanyaan ane:
    1. Problem Solving 1 :

    (Cek apakah WiFi sobat sudah menyala atau belum) gimana ngecek Wifi nya gan? kalo misalnya modem nya udh di connect ke laptop berarti wifi udh nyala kan gan?
    2. Problem Solving 2. ane ga tau cara nya gan, tolong langkah2 nya update driver module WiFi atau cara ngecek nya.....
    3. Problem Solving 3. ane udh masuk ke Device Manager-Network Adapter tp ga ada "Virtual wifi adapter" adanya "Microsoft Wi-fi Direct Virtual Adapter" ama "Microsoft Wi-fi Direct Virtual Adapte#2",,, dan kedua nya udh enable gan. apa yg 2 itu sama aja ama virtual wifi adapter apa ga?
    mohon pencerahan nya secepatnya dan sedetailnya ya gan..... maap neh banyak nanya nya.... mksh bnyk....

    ReplyDelete
  119. gan pas saya ketik netsh wlan start hostednetwork di commad prompt admin ko ga bisa malah ada balesan a device attached to the system is not functioning (perangkat yang melekat pada sistem
    tidak berfungsi) mohon dibantu gan !

    ReplyDelete
  120. Gan knpa saya setiap sesudah ketik netsh wlan start hostednetwork diCMD malah dapet kaya gini => a device attached to the system is not functioning(perangkat yang melekat pada sistem
    tidak berfungsi) gimana tuh gan ?, dibantu gan

    ReplyDelete
  121. mas ari, udah sukses smua nih. dia minta password gitu. artechies bukan passwordnya?

    ReplyDelete
  122. gan ane udah bisa buat, cuma ga connect" udh di test di samsung dan bb tulisannya yg keluar di hp optaining ip address terus gan tapi ga connect

    ReplyDelete
  123. gan ane udah berhasil buat server wifinya dan ane udah coba di perangkat ane. cuma kok ga connect ya tulisannya "OBTAINING IP ADDRESS" terus dan gabisa connect

    ReplyDelete
  124. gan saya mau nanya ni ( di luar dari postingan ini :D ) gmana cara buat text box seperti di atas
    contoh ny pada text "netsh wlan start hostednetwork"
    trima kasih gan sblm ny :)
    blog ny keren

    ReplyDelete
  125. mas , kan wifi saya udah jadi.. nah terus kalo mau ganti password dan namanya gmana yah ????

    ReplyDelete
  126. kalo mau ganti pass sama nama wifinya gmana ?

    ReplyDelete