35

Update Offline Windows dengan WSUS Offline Update



WSUS Offline Update - Selamat pagi sobat,.. Beberapa waktu yang lalu ada salah satu pengunjung blog yang bertanya kepada saya, apakah ada cara agar Windows 8 kita bisa update secara offline? Nah sekarang pertanyaan itu akan saya jawab pada postingan saya kali ini. Salah satu cara agar sistem Windows  anda selalu berjalan optimal adalah dengan melakukan update sistem secara berkala sesuai dengan update yang disediakan oleh pihak Microsoft. Kalau komputer atau laptop kita selalu terhubung dengan internet, maka kita bisa pilih fitur "Automatic Updates" dimana sistem Windows akan segera melakukan update secara otomatis saat ada update terbaru. Tetapi bagaimana jika komputer kita jarang terhubung ke internet? Ingin tahu lebih jauh? 

Untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut, ada software yang akan membantu kita melakukan proses update secara offline. Program tersebut adalah WSUS Offline Update, program ini berfungsi untuk mendownload file-file update Windows dan menyimpannya dalam hard disk atau flash disk. Selanjutnya, file update yang tersimpan tadi bisa kita gunakan untuk mengupdate sistem windows di komputer atau laptop lain yang kita inginkan.

Penggunaan WSUS Offline Update ini cukup mudah, yaitu sebagai berikut :
  1. Kita hanya perlu memilih file-file update yang kita perlukan sesuai dengan sistem Windows yang kita gunakan.
  2. Untuk mengcopy file update ke flashdisk, bisa dilakukan dengan memilih pilihan Copy updates for selected product info pada bagian USB Stick dan tentukan folder tempat penyimpanannya (dalam contoh saya simpan dalam folder update), lalu klik Start untuk memulai proses download.
  3. Pastikan juga kita memiliki ruang yang cukup di flashdisk yang kita gunakan untuk menyimpan update tersebut.
  4. File-file update ini nanti secara otomatis akan tersimpan dalam folder client pada folder utama program WSUS Offline Update dan akan tercopy juga di flashdisk sesuai dengan folder yang telah kita tentukan sebelumnya.

Untuk langkah selanjutnya, kita hanya perlu melakukan update pada komputer kita sendiri dengan menjalankan file UpdateInstaller.exe yang terdapat di dalamnya. Dengan file update ini kita juga bisa melakukan update pada komputer atau laptop lain yang memiliki sistem sama dengan komputer kita (Windows XP, Vista, 7, atau 8) tanpa harus menghubungkan komputer tersebut ke jaringan internet lagi. Selain itu, Anda juga dapat meminta aplikasi ini untuk membuat ISO image untuk setiap produk dan bahasa sesuai dengan sistem operasi anda.

Aplikasi ini kini telah diperbarui untuk mendukung update Windows 8 juga sehingga Anda dapat mendownload semua file update-an menggunakan alat ini.

Versi 8.0 yang terbaru ini mendukung sistem operasi sebagai berikut :
Anda dapat men-download file installer WSUS ini dari link dibawah ini :

Download - WSUS Offline Update (Direct Link WSUS Server)

Download - WSUS Offline Update (Tusfiles)

Password : artechies.blogspot.com

UPDATED!!

Untuk pengguna Windows 7 SP1, ini saya share Offline Updater dari server Microsoft nya..

Download - Windows 7 SP1 32 Bit Offline Updater | 537 MB



Download - Windows 7 SP1 64 Bit Offline Updater | 903 MB


Download - Windows 7 SP1 32 and 64 Bit Offline Updater | 1,9 GB

Untuk sobat yang masih bingung bagaimana sih cara untuk update offline dengan menggunakan WSUS ini, berikut saya paparkan sedikit cara-caranya :
  1. Ekstrak file rar yang telah sobat download, lalu langsung pilih UpdateGenerator..
  2. Silakan tentukan file update mana yang ingin sobat download. Misalkan sobat menginginkan Update Windows 8, centang sesuai tipe OS Windows 8 anda 32bit atau 64bit.
  3. Jangan lupa untuk seting save filenya, harus ditentukan file drive atau file iso, saran saya lebih baik file drive saja karena ukurannya juga tidak terlalu besar. 
  4. Kemudian tinggal klik start untuk memulai proses download. Lalu tunggu proses download hingga selesai. 
  5. Setelah proses download file update selesai, buka file yang namanya update installer. Pasti akan muncul jendela command prompt, tunggu proses hingga selesai dan restart komputer / laptop sobat.
  6. VOILA!! Update offline Windows sobat telah selesai... :)
UPDATED DOWNLOAD LINK !! (18/05/2013)

Download - WSUS Offline Update 8.3

Password : artechies.blogspot.com

Semoga berguna,.. :)

35 comments:

  1. owhh gtu caranya sob, ane baru tau ..
    ehm, kalo windows 7 bisa atau gak sobb ???
    terus dengan langkah update seperti itu tidak ketahuan microsoft ??
    sebelumnya mksh atas infonya sob ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Windows 7 bisa sob,.. :)

      Kalau untuk kemungkinan ketahuan, saya juga tidak terlalu mengerti karena saya belum mencobanya sendiri pada OS Windows yg bajakan,.. hehe

      Tetapi saya kira untuk update offline seperti ini mungkin relatif lebih aman untuk pengguna Windows yang memakai lisensi tidak resmi, karena angka keberhasilannya lebih tinggi daripada hrs update online langsung ke server microsoft,.. :)

      Delete
    2. owhhh gtu sobb ..

      takutnya kalo nanti pas di update ketahuan sama microsoft .. soalnya ane pke' yg gak resmi .. hehe

      Delete
    3. Tar ane coba dulu deh ya di Windows 7 ane yang ga resmi, kalo misal berhasil ane report disini,.. :)

      Delete
    4. Oke sobb..

      mksh infonya .. hehe

      Delete
    5. Ini saya barusan selesai mencoba di Windows 7 yang tidak resmi dan berhasil,. :)

      Kalau misal di list file windows update nya ada KB971033, bisa di uncheck saja karena file itu yang akan membuat Windows 7 kita terdeteksi tidak resmi,.. :)

      Kalau tidak salah, sekarang ada loader dari Daz yang bisa membuat Windows 7 tidak resmi bisa update selayaknya Windows yang resmi kok bro, bisa dicari di google,.. hehe

      Delete
    6. owhhh, begitu caranya too .. hehe

      oke broo, mksh atas infonya dan tutornya .. :)

      Delete
  2. Ternyata ada juga yaa aplikasi yang fungsinya kayak gini, makasih infonya bro.

    ReplyDelete
  3. wah sangat menbantu sekai bagi yang pakai inet kuota pas2an..tapi saya mau tanya gan,kalo sudah update semua..trus instal ini..apa yg update lama akan tercopy apa ngak ya gan..? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud update lama gimana ya sob? hehe

      Jadi setelah anda download updatean yg menurut anda perlu tadi, tinggal diinstall aja ke komputer yang membutuhkan, nanti update lama dan yang baru ini akan berbaur,.. :)

      Delete
  4. di pake di windows 8 with media center bisa g gan?.............
    soalnya aq suka yg itu......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk di Windows 8 WMC saya belum pernah coba, tapi seharusnya sih bisa sob,.. :)

      Delete
  5. jadi yang dipake yg update generator? ane pake windows 8 gan tolong jelasin step by stepnya. ane kurang ngerti. thanks gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, yang dipakai Update Generator sob... Untuk step-step nya secara singkat mgkn seperti begini :

      1. Ekstrak file rar yang telah sobat download, lalu langsung pilih UpdateGenerator..

      2. Silakan tentukan file update mana yang ingin Anda download. Misalkan anda menginginkan Update Windows 8, centang sesuai tipe OS Windows 8 anda 32bit atau 64bit.

      3. Jangan lupa untuk seting save filenya, harus ditentukan file drive atau file iso, saran saya lebih baik file drive saja karena ukurannya juga tidak terlalu besar.

      4. Kemudian tinggal klik start untuk memulai proses download. Lalu tunggu proses download hingga selesai.

      5. Setelah proses download file update selesai, buka file yang namanya update installer. Pasti akan muncul jendela command prompt, tunggu proses hingga selesai dan restart komputer / laptop sobat.

      6.VOILA!! Update offline Windows sobat telah selesai... :)

      Delete
  6. itu download nya harus pake WSUS?...
    klo pake IDM gk bisa ya?..
    biasanya klo pake downloader kayak gitu, bukannya downloadnya jadi pelan?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, pake WSUS,.. Saya donlod update nya cepet2 saja kok sob,.. :)

      Delete
  7. file update installernya ada dimana gan? di folder wsusofflinenya apa dimana? tolong gan, udah lieur ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. File update installernya biasanya secara default di dalam folder WSUS Offline nya,.. :)

      Delete
  8. kalo windows 8 single language bisa ga gan?? soalnya di wsus kan pilihannya multiple language.. sama ga gan itu??

    ReplyDelete
  9. kok, kedetek virus new heur gan di folder tempat ane simpen updatenya?
    trus pas ane buka file update installernya error gan bacaanya di cmd..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Untuk masalah kedetek virus, mungkin bisa saja dari sumber lain sob,.. Kalau dari folder tempat update-nya sendiri sepertinya tidak mungkin karena file update nya itu berasal dari server Microsoft,.. :)

      Update installernya error seperti bagaimana ya? Coba saja download ulang, mungkin file nya ada yang corrupt,.. :)

      Delete
  10. cara kerjanya gimana ini bos?
    misal laptop ane win 7 ultimate (tanpa sp1),berarti bakal download update sp1?
    jika sudah win 7 ultimate sp1, apa akan download yg sp1 lagi atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Jika sudah SP1, ya sudah pasti tidak akan download file update-an untuk menjadi SP1 lagi sob,.. :)

      Delete
  11. Nah ini dia yang juga ingin saya tanyakan, soalnya sudah update jadi Windows 7 Sp 1, kalau masih juga download Sp1 juga kan terbuang sia-sia tuh quota internet, he he

    ReplyDelete
  12. Thx for info'a..saya dah coba di windows 8 pro 9200 dan sukses update,..thx. ane mw ty..klo dah di update trus kita mw update lgi misal minggu depannya (kan biasanya bnyak update'a lgi) itu kita taruh di folder yg sama apa buat folder baru??? itu nanti update yg kedua kalinya ngulang dari awal apa mengikuti tanggal update hri itu?? mohon penjelasannya..thx gan...

    ReplyDelete
  13. Salam Bro, Kenapa ya tiap update windows 8.1 selalu gagal. keterangan erorr 8024402c. sejak awal instal sampe skrng blm pernah bs update. saya sudah coba reset proxy, restat service, ubah dns, mematikan software security saat update tp tetep mentok gagal.saya coba pake wisus ofline update juga gagal. saya juga tidak bisa mengakses http://update.microsoft.com. Saya pake Modem Sierra 312 U , operator Xl.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih Bro. Kompi saya jadi gak kebebanan update windows waktu surfing.

    ReplyDelete
  15. GAN klo dri bawaanya gak ori truz di update yg offline gpp ? kira2 ke blok ga

    ReplyDelete
  16. fan klo yg bawaanya gak ori truz di update offline k blok ga/ gpp ?

    ReplyDelete
  17. win7 ori bisa gk coba cara ini ???

    ReplyDelete
  18. Gan itu updates windows 7sp1 64bit yg 900mb, udh update yg paling terakhir dari microsoftnya?

    ReplyDelete