38

Solusi Gagal Install Aplikasi dari Windows 8 Store


windows 8 store

Windows 8 Store - Pada beberapa hari yang lalu saya pernah mencoba untuk install aplikasi di Windows 8, tetapi selalu gagal. Sudah coba segala macam cara yang saya tahu tetapi tetap saja gagal. Sepertinya beberapa orang pasti juga memiliki problem yang sama dengan instalasi aplikasi dari Store ini. Pada beberapa kasus, aplikasi dapat terinstall sampai 50% tetapi hanya berhenti sampai disitu dan tidak jalan lagi atau biasanya akan keluar beberapa error code, atau hanya keluar tulisan “Unable to Install It”. Pesan yang muncul mungkin kira-kira seperti ini :

windows 8 store unable install


Setelah beberapa saat mencari-cari, akhirnya saya menemukan beberapa solusi yang saya dapat dari internet yang menurut saya cukup simple sebenarnya. Ada beberapa alasan mengapa aplikasi tersebut tidak dapat diinstal pada computer anda. Ingin tahu lebih jauh? 


Silahkan coba tiap pilihan dibawah ini :


Windows Firewall is disabled
Biasanya factor kegagalan install aplikasinta adalah dinonaktifkannya Windows Firewall. Jadi langkah pertama adalah cek dahulu apakah sudah aktif atau belum,.. J
Jika pada beberapa langkah anda tidak bisa menyalakannya, coba cek apakah service firewall nya terhenti atau tidak. Pada layar Metro UI, ketik “Service” dan cari “Windows Firewall”. Set service ke “Automatic and Started”

Incorrect Date and Time
Mungkin ada kesalahan setting tanggal dan jam di computer anda, jadi pastikan tanggal dan jam yang ada di computer anda sama dengan tanggal dan jam yang disinkronisasi dari pusat. Kamu dapat merubah nya dari menu “Regional Setting” yang ada di “Control Panel”.

Licensing on Windows Store is not synced
Jika proses “Licensing” pada Win Store tidak disinkronisasi secara benar, anda tidak akan dapat menginstall aplikasi. Untuk sinkronisasi manual, dapat dilihat langkah dibawah ini :
  1. Go to Windows Store
  2. Press Windows Key + C
  3. Open  Settings
  4. Select App Updates
  5. Sync Licenses
  6. Now reboot the system and try to download again.
The Windows 8 App Troubleshooter is a great ATS from Microsoft which can help you with apps installation problems. You may want to run that if nothing helps.

Itulah problem yang paling sering dihadapi oleh pengguna. Ada cara penanganan lainnya yang dapat anda pertimbangkan : Selective Startup and Refresh PC.

Reboot in Selective Startup mode
To reboot the system in Selective Startup :
  1. On Desktop press Windows key + R. This opens the run window
  2. Type in MSCONFIGand press Enter
  3. Under General tab uncheck on “Load Startup items”
  4. Under Services tab check on “Hide all Microsoft services” and click on Disable all
  5. Now reboot the system and try to install it again
Semoga berguna,.. :)

38 comments:

  1. gan.. mau nanya nih..
    ko waktu mau install aplikasi, ada pesan eror 0X80070422

    mohon penjelasan nya gan... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu error yang disebabkan oleh Firewall biasanya sob,.. Coba ikuti cara dibawah ini :

      1. Tekan Windows Key + R,

      2. Ketik services.msc, tekan Enter.

      3. Klik kanan pada service “Windows Defender Service” dan “Windows firewall service”

      4. Pastikan program tersebut sudah berjalan, jika belum, klik Start untuk memaksanya berjalan.

      5. Cek ulang issue pada firewall dan defender.

      6. Kalau kesemuanya diatas sudah berjalan, coba install lagi aplikasi Windows 8 yang diinginkan..

      Semoga berhasil,.. :)

      Delete
    2. gan, mau nanya nih, punya saya juga gitu, terus yg devender ga mau di di starin,

      Delete
    3. gan kalowindows defendernya udah distart tapi ga mau jalan trus dia bilangnya problem local systems gimana ya gan?

      Delete
    4. gan kalo defendernya ga mau jalan gimana ya?

      Delete
  2. bang lw eror kek gni gmna?
    http://imageupload.co.uk/files/fpt29cqnpsvr828e6bua.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat sudah melakukan semua step2 diatas belum? :)

      Delete
  3. gan..ane mau nginstal after effect di windows 8.tapi eror gak bias..
    sedangkan di windows 7 dulu fine2 aja..

    gmana gan, ada solusi?

    ReplyDelete
  4. agan, pas download apps di windows store dia bisa menyelesaikan downloadingnya sampai 80% tapi ga mau ke instal gan, segituuuuu aja, trus muncul bacaan "You Purchase Couldn't be completed" padahal kan uda di sampai di 80% downloadnya gan. itu gimana? tolong di balas gan.

    ReplyDelete
  5. agan, pas download apps di windows store dia bisa menyelesaikan downloadingnya sampai 80% tapi ga mau ke instal gan, segituuuuu aja, trus muncul bacaan "You Purchase Couldn't be completed" padahal kan uda di sampai di 80% downloadnya gan. itu gimana? tolong di balas gan.

    ReplyDelete
  6. bang, aku udah coba semuanya kyk yg di atas... tpi ttp jga download nya gk mau jalan2, ttp diam aja.. klu yg lain ok aja aku download.. mau sebesar apa pun KB, smpai 2G pun aku blh download.. kecuali di store gk bisa aku download.. masuk kn email sudah,, sinyal gue pke WIFI,, setingan jam oke.... bang tolong bgi tau apa problemnya d store windows8 ini. plesae..

    ReplyDelete
  7. kok Windows Defender Service nya gk bisa di jalanin cih di klik star malah eror

    ReplyDelete
  8. maz bro saya udah nyoba cara yg maz ksh untuk alfiansyah muzaki, namun gak bisa juga tetap sama masalahnya kaya maz alfiansyah muzaki

    ReplyDelete
  9. Akang kalo ada telah dilakukan semua namun tetap error dengan pesan "something happened and this app couldn't be installed. Please try again. Error code 0x80200011
    cara diatas telah dilakukan...tapi tetap sama aja kenapa ya?please

    ReplyDelete
  10. Kalau install selalu muncul keterangan "family corner" apa ya

    ReplyDelete
  11. sob gua gak ngerti tolong bantu dong

    ReplyDelete
  12. Wah, tipsnya yang Licensing for Windows ampuh banget gan. Akhirnya sekarang saya bisa download di Windows Store. Makasih gan

    ReplyDelete
  13. Mas, tadi saya sudah mengikuti cara-cara di atas. Tapi tetep nggak bisa. Mohon penjelasannya ya.

    ReplyDelete
  14. kalau error 0X80248014 gimana ya..

    ReplyDelete
  15. gan saya sudah mengikuti semua langkah agar dapat unduh app dari windows store tetapi tetep aja ga bisa. terahir saya coba aktifkan "windows Defender" dengan cara services.msc tetapi gagal mungkin karna saya pake anti virus lain(avira). gmna munurut agan ??

    mohon penjelasannya. terima kasih

    ReplyDelete
  16. gan.. mau nanya nih..
    ko waktu mau install aplikasi, ada pesan eror 0X80248014

    mohon penjelasan nya gan... :(


    ReplyDelete
  17. kalo misalnya ada code gini gimana 0x80080206

    ReplyDelete
  18. wah berhasil, makasih yaaa ... saya akhirnya bisa install aplikasi lagi :)

    ReplyDelete
  19. Saya mau instal aplikasi distore knpa muncul peringatan family² gtu gan

    ReplyDelete
  20. Ko saya mau download aplikasi mlah muncul bacaan family² gt gan

    ReplyDelete
  21. Gan saya mau download apps dari Windows Store, tapi ga bisa, trus harus Sign In dulu pake Account MIcrosoft cuman pas mau Sign In ga bisa !!

    Solusi donk gan !!

    ReplyDelete
  22. kalo error code 0x80072f78 solusinya gimana?

    ReplyDelete
  23. Kalo bacaannya pending gimana gan

    ReplyDelete
  24. Kalo bacaannya pending gimana gan.step diatas ttp aja gabisa

    ReplyDelete
  25. kl kayak gini gimana?????
    http://i.imgur.com/K7gqJNY.png

    ReplyDelete
  26. kalo kayak gini gimana???

    http://i.imgur.com/K7gqJNY.png

    ReplyDelete
  27. bang ane udah ngelakuin sampai step terakhir, kok pas ane restart laptop ane malah kena blank screen ? kenapa bang ?

    ReplyDelete
  28. Bnag kalo windows bajakan .. ntuh lisence bakal kena gak ?

    ReplyDelete
  29. tulisannaya selalu
    TRY AGAIN LATER
    SOMETHING HAPPENNED ON OUR END
    itu gimana gan...?

    ReplyDelete
  30. Gan mhn bantuan bgt ys...gw udah coba download adobe flashplayer pada windowsphone8/nokia lumia720:gagal terus...gan.ada alternatif selain adobe buat buka cctv online gan...tlng ya gan.mdh2an pahsls ikhlas gan

    ReplyDelete