0

Tutorial Upgrade Windows 8 Release Preview ke Windows 8 RTM



Upgrade Windows 8 Release Preview ke RTM - Selamat malam sobat,.. Adakah diantara Anda sekalian yang sudah terlanjur menginstall Windows 8 Release Preview dan ingin upgrade ke versi RTM tanpa install ulang total? Jika ada, mungkin tutorial yang akan saya bahas malam ini dapat menjadi solusi untuk permasalahan tersebut karena Microsoft sendiri tidak merekomendasikan Anda untuk meng-upgrade dari versi Preview (termasuk Developer, Consumer dan Release Preview) ke RTM. Ingin tahu lebih jauh?

Nah, tutorial yang akan saya bahas kali ini adalah bagaimana cara agar ISO installer Windows 8 RTM Anda dapat digunakan untuk upgrade dari versi Release Preview,.. Jika ada diantara anda yang kesulitan dengan proses yang akan saya bahas dibawah nanti, bisa meninggalkan komentar di blog ini, dan Insya Allah akan saya bantu jika saya memang mengerti permasalahan yang anda hadapi,.. :) 

Untuk mempersingkat waktu, langsung saja saya bahas langkah-langkah nya dibawah ini :   

1. Untuk melakukan itu, Anda harus meng-ekstrak Windows 8 RTM ISO ke folder tertentu. Sebagai contoh, saya mengekstraknya ke C: \ WIN8DVD

2. Dalam source folder tersebut, cari dan buka file “csversion.ini” dengan notepad dan Anda akan melihat isi seperti berikut :

Berikut adalah nilai minimum yang diperlukan untuk upgrade Windows 8 RTM, yaitu 8508,0. Berarti Windows 8 Build 8508 atau kode yang lebih tinggi dapat diupgrade menjadi RTM.

3. Jadi rubahlah nomor MinClient dan MinServer dari 8508,0 ke nomor versi Windows 8 Prelease Version yang terinstall di komputer anda.
Berikut adalah daftar nomor Build Public Release : 
Windows 8 Public Releases
Build Number
Windows 8 Developer Preview
8102
Windows 8 Consumer Preview
8250
Windows 8 Release Preview
8400
Sebagai contoh, saya rubah nomor versi 8508.0 (RTM) ke 8400.0(RP)

 
4. Setelah itu simpan file tersebut dan buatlah Windows 8 bootable USB  dengan cara :
  • Buka Windows Control Panel >> Administrative Tools >> Computer Management >> Storage >> Disk Management
  • Pilih USB disk punya Anda dan Format (quick)
  • Klik kanan pada USB Disk
  • Lalu Set as Active
  • Setelah itu salin semua file dalam folder C: \ WIN8DVD ke USB Storage Anda.
Yak, sekarang Anda sudah bisa meng-upgrade dari versi prelease Windows 8 yang terinstall di laptop atau komputer Anda ke versi RTM melalui Windows ISO USB Bootable buatan anda sendiri... 

Selamat mencoba,.. :)

0 comments: