0

Tutorial Mengaktifkan Tema "Aero Lite" Pada Windows 8

aerolite 1

Aero Lite Windows 8 Theme – Tema ini merupakan tema klasik untuk Win 8 yang sebenarnya diperkenalkan di versi Evaluation Preview untuk menggantikan tema “Windows Basic” yang ada di Win Vista dan 7. Aero Lite tidak memiliki efek yang cantik dan elegan di “Aero Glass” seperti refleksi, blur windows, transparansi pada taskbar, dan lain-lain. Pokoknya bersih dan simple, diciptakan untuk komputer low-end seperti netbook yang tidak memiliki hardware yang cukup untuk mendukung tema Aero Glass. Pada versi Release Preview dan Consumer Preview tema ini dapat diakses di Desktop Properties, namun pada versi RTM tema Aero Lite menjadi tidak ada. Ingin tahu lebih jauh?

Sebenarnya tema Aero Lite masih ada di dalam system, namun Microsoft dengan sengaja menghapus file .theme tersebut sehingga tidak muncul pada jendela Desktop Personalization. Setiap tema yang muncul pada jendela itu memiliki file .theme yang bertanggung jawab untuk menampilkan nama pada Desktop Personalization. File .theme ini merujuk pada file .msstyles yang mengandung seluruh persyaratan yang diperlukan untuk mengubah elemen UI ketika Anda meng-apply sebuah tema. Pada Windows 8 RTM, file Aerolite.msstyles ini masih ada, sehingga anda cukup membuat file. theme yang merujuk pada file Aerolite.msstyles. Jika anda ingin mengaktifkan fitur tema Aero Lite, silakan simak caranya dengan mengikuti langkah dibawah ini.

1. Tekan kombinasi tombol Win+R untuk meluncurkan kotak dialog Run, ketik resources dan tekan Enter. Maka folder “Resources” akan terbuka pada Windows Explorer. Sebagai alternative, anda juga dapat browse langsung ke C:\Windows\Resources.
2. Klik dua kali pada folder “Themes“. Periksa folder “aero” pada folder Themes, Anda akan melihat file aerolite.msstyles sebagai bukti bahwa Aero Lite masih ada.

aerolite 2

3. Salin file aero.theme pada folder Themes dan paste ke folder sembarang, misalnya ke desktop.
4. Rename file baru itu menjadi aerolite.theme, lalu bukalah dengan Notepad atau teks editor lainnya.
5. Ketika Anda membuka file aerolite.theme pada Notepad, Anda cukup mengganti 2 baris berikut pada file-nya:
Gantilah parameter “DisplayName” pada baris ke-5, yang mengandung nama tema yang ditampilkan pada jendela Desktop Personalization. Gantilah string setelah tanda sama dengan (=) menjadi nama yang sesuai keinginan Anda, contohnya “Aero Lite“ seperti pada gambar dibawah ini.

aerolite  3

Sekarang scroll ke bawah dan cari parameter “[VisualStyles]” pada baris ke-51. Gantilah string aero.msstyles menjadi aerolite.msstyles.

aerolite 4

6. Simpan filenya, kemudian pindahkan ke folder Themes.
7. Klik kanan desktop, buka jendela Desktop Personalization untuk mendapatkan tema Aero Lite yang sesuai dengan nama yang diberikan tadi. Klik ikon “Aero Lite“. Selesai.

aerolite 5

Sebenarnya pihak Microsoft memang secara sengaja menghapus source code untuk efek Aero Glass. Jadi, walaupun komputer Anda memenuhi persyaratan yang cukup untuk menjalankan Aero, tetap saja anda tidak dapat mengaktifkan efek Aero Glass pada jendela aplikasi. 

Jika anda ingin mengaktifkan efek transparansi pada Win 8 anda, anda dapat mengunjungi post saya yang berjudul Tutorial Cara Mengaktifkan Efek Transparansi Aero Glass Pada Windows 8.

Semoga tutorial ini berguna bagi anda yang membutuhkan,.. Selamat mencoba,.. :)

0 comments: