23

Tutorial Menembus Limit RAM 4 GB Pada Windows 7 32bit




Patch RAM 4GB Windows 7 32bit - Selamat pagi sobat,.. Pernahkah anda ketika selesai membeli RAM 4 GB untuk Windows 7 32bit anda, tetapi saat anda install RAM yang terbaca cuma 3,50 GB bahkan kurang? Nah, pagi ini saya khusus akan share tutorial buat para penggemar oprek PC yang ingin RAM 4GB atau lebih terbaca dengan ukuran tepat 4 GB. Karena pastinya pada OS ini tidak mungkin bisa membaca penuh RAM 4GB, tetapi mungkin cuma 3.25GB saja yang dapat terdeteksi. Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuatnya dapat membaca RAM 4 GB atau lebih, tetapi ini akan saya share cara yang menurut saya paling simpel dan tidak membutuhkan banyak modalitas software atau langkah... Ingin tahu lebih jauh? 

Oiya, sebelum saya melanjutkan tutorial ini, saya ingin menegaskan bahwa "Permasalahan yang disebabkan karena penginstalan pacth bukan tanggung jawab saya, saya disini cuma ingin share apa yang saya tahu dari internet" jadi "DO WITH YOUR OWN RISK" ya,.. :)

Kalau kalian semua sudah menyetujui apa yang saya tulis diatas, silahkan ikuti tutorial dibawah ini :

1. Download terlebih dahulu Patchnya (Pilih salah satu)
2. Setelah selesai download, segera jalankan programnya seperti gambar di bawah ini secara berurutan :

ram 1

 ram 2

ram 3

ram 4

3. Setelah selesai menginstall, maka komputer anda akan otomatis restart sendiri.

ram 5

4. Cara yang digunakan ini belum tentu berhasil untuk semua orang, mungkin ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan proses diatas gagal.
5. Apabila setelah menginstal patch ini terjadi BSOD/Stuck di Windows Starting, lebih baik patch yang sudah diinstall tadi dihapus saja. Jadi lebih baik anda coba migrasi ke versi 64bit saja,.. :)

Contoh yang sukses :

ram 7

Selamat mencoba,.. :)

23 comments:

  1. ram ane 8 GB pakek win x64, tapi yg terbaca koq 7.20 ya? gak full 8GB?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tuts yang 64bit ane blm nemuin gan,.. -.- Agan pake Win 7 x64 yang seri mana ya? Ini ada beberapa batas RAM yang ane temuin dr browsing :

      Starter: 8GB
      Home Basic: 8GB
      Home Premium: 16GB
      Professional: 192GB
      Enterprise: 192GB
      Ultimate: 192GB

      Jadi kapasitas max ram tgt dr tipe OS nya juga,.. :)

      Delete
  2. Replies
    1. Ooh,.. Tutorial ini buat Win 7 gan, yang buat Win 8 ane masih belum nemuin,.. hehe Tar klo ane udah nemu, Insya Allah ane share di blog ini,.. :)

      Delete
  3. gan,, kalok laptop di overclockin rusak gak ya? laptop ane udah di overclock, core i7 generasi ke tiga ati radeon 7650 HD + 7470 HD,
    vga card : @ 3,4 Ghz ane overclock sampai 4,0 Ghz,, 4 cpu, nahh pas ane overcolock, tiba tiba kipas internalnya koq gede banget suaranya wuiiiiiinngg,, takut ane gan,,? kira2 ane uninstall overclocknya atau apa lah gan?

    satu lagi, link adobe potoshop agan dimana ya? ane perlu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Saran ane klo agan masih minim ilmu overclock, sebaiknya jangan di overclock gan,., soalnya efek samping overclock nya bikin processor cepet panas, jadinya kipas agan semakin cepet puterannya, dan beberapa hardware dlm laptop klo panasnya udah ga bs ditoleransi bs meleleh ntar,.. -.-

      Solusi nya agan bs balikin clock procie laptop ke standard / awal sebelum di overclock, terus uninstall deh softwer overclock nya,.. :)

      Ini link adobe photosop nya gan http://artechies.blogspot.com/2012/12/download-adobe-photosop-cs6-13.0-extended-version-with-patch.html,.. :)

      Delete
  4. gan,
    cara menghapus patchnya gimana gan?
    udah di coba pakai system restore point tetap ada gan,
    mohon pencerahannya gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Patch RAM nya bisa dihapus asal system boot lama belum dihapus oleh sobat, caranya begini :

      Klik Start >> Run >> Ketik "msconfig" lalu Enter >> Pilih tab Boot >> Hapus system boot yang dibelakangnya ada tulisan 128GB / lihat SS di SINI,..

      Delete
  5. gan ini ada efek negatif buat hardware nya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak ada sob, yang berefek negatif pada hardware itu biasanya yang berhubungan dengan sistem overclocking processor,.. :)

      Delete
  6. yang buat vga intel ada nggak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya VGA intel bagaimana ya sob? Tutorial ini untuk mem-patch RAM, bukan untuk VGA,. Hehe

      Delete
  7. sob,, ini bener2 ngefect apa engga sih , ato cuma tipuan mata aja, sebenernya mah tetep2 aja gg da yg berubah di dlmnya..
    mofon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari sumber yang saya baca ngefek kok sob, saya sendiri belum mencoba karena saya sudah memakai OS Windows 8,.. Hehe

      Delete
  8. thanks banget sob, udh lelah nyari" di youtube semuanya palsu... berhasil gan, kan awalnya gini tulisannya: 4gb(2.2gb usable) skrg jadi 3.45gb usable....

    ReplyDelete
  9. ini di windows task manager kedetek gak gan

    ReplyDelete
  10. itumah sama aja gan.
    kebaca 4gb kepake 3.25gb dan tidak mungkin bisa lebih.
    dr jaman bongkotan'nya xp...32 & 64 sudah beda arsitektur.

    ReplyDelete
  11. habis di restar kok ga ada tampilan (BLANK)

    ReplyDelete
  12. Maksudnya simpen data dulu itu apa gan ??

    ReplyDelete
  13. Iya jangan dicoba data malah blank smua

    ReplyDelete