34

Tutorial Install Windows 8 menggunakan USB Flashdisk [Part One]



Win7 USB/DVD - Karena banyak permintaan via email yang ingin mengetahui cara install windows 8 dari usb flashdisk, maka saya siang ini akan share sedikit bagaimana cara Instal Windows 8 dari Flash Disk. Memang jika kita menginstall dari flashdisk, proses instalasi menjadi lebih cepat dibandingkan jika kita menginstal Windows 8 melalui DVD. Selain itu kamu bisa menghemat DVD mengingat satu keeping DVD harganya agak mahal dan juga ada beberapa ISO yang ukurannya diatas ukuran rata-rata kapasitas DVD. Ingin tahu lebih jauh langkah-langkahnya sob? 

Bagi anda yang ingin mencoba instal Windows 8 menggunakan flash disk, coba persiapkan terlebih dahulu alat atau software yang diperlukan :
  • USB flash disk dengan kapasitas minimum 4 GB.
  • Windows 8 RTM Professional maupun Enterprise.
  • Windows 7 USB/DVD Download tool, yang bisa kamu download di SINI
Untuk membuat installer Windows 8 agar bisa melakukan instalasi via usb flashdisk, dibutuhkan aplikasi Windows 7 USB/DVD Download tool. Software ini akan membuat Bootable USB flash disk dan juga burning file ISO ke flash disk.

Kalau sudah, lakukan segera langkah - langkah dibawah ini:
  • Install terlebih dahulu Windows 7 USB/DVD Tool nya.
  • Jalankan software tersebut dari menu Start.
  • Klik tombol Browse dan pilih file ISO dari Windows 8 RTM atau Enterprise yang telah kamu unduh.
  • Klik tombol Next.

  • Klik tombol USB device untuk membuat USB flash disk yang bisa booting.


  • Dalam tahap berikutnya, setelah memilih drive USB yang telah dihubungkan ke komputer, klik tombol Begin Copying. 

  • Aplikasi ini akan mengekstraksi file ISO Windows 8 ke USB flash disk. Proses ini akan memakan waktu kira - kira 20-25 menit.
  • Setelah proses penyalinan selesai, unplug USB flash disk dan restart komputer.
  • Masuk ke BIOS untuk menyeting agar USB flash disk di-boot pertama kali. Selanjutnya, ketika komputer di-restart, USB flash disk kamu akan di-booting dan muncul proses instalasi Windows 8. Cukup ikuti saja petunjuknya sama seperti menginstal Windows lainnya.
Yap, diatas merupakan langkah - langkah jika kita menggunakan Windows 7 USB/DVD Tool, sebenarnya ada tool lain dengan menggunakan WinToFlash yang akan saya bahas di postingan saya selanjutnya,.... to be continued >>>

34 comments:

  1. bener gan caranya di jamin ampuh? saya mah takut kalau pakai cara beginian,takut gagal
    udah coba gue beberapa software,kek wintoflash,dll
    kalau yang udah terpercaya itu caranya fastnch*ap pakai Command Prompt ,tapi ane lupa bookmark tu caranya,posting dong gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri install Windows 8 Pro nya pakai FD 8 GB + Win 7 USB/DVD dan berhasil kok,.. :)

      Mungkin yang dimaksud install pakai cara command prompt itu untuk masukin serial key nya sob, lalu baru aktivasi via skype.. :)

      Delete
  2. bukan aktivasinya gan,tujuannya ya sama gan,masukin win vista/7/8 ke flashdisk ,ane udah coba berkali2 berhasil kok gan,cuma prosesnya aja lama,ane gak hapal setp by stepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya saya inget, yang pakai command diskpart itu ya?

      Kalau saya lebih cocok pakai tool ini sob soalnya lebih simple, tinggal klik terus tunggu sampai selesai,.. :)

      Delete
  3. agan udah coba berkali2 ya? barusan ane coba, waktu pilih drive, ane pilih FD ane 8GB gak mau gan....
    padahal itu FD ane satu2 nya, masa pake hdd external 320gb ane? eman 310gb lebih gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau install Windows baru, saya selalu memakai FD sob soalnya proses instalasinya jadi lebih cepat dan jarang error.,,

      Coba format FD nya jadi FAT32 dulu sob, setelah itu silahkan coba lagi.. :)

      Delete
  4. oh,ane malah format jadi NTFS ,ok gan thanks info.a

    ReplyDelete
  5. pas booting kok gak kedetec ya (lewat PC)?... .. klo pake laptop bisa..
    apa ada yang salah ya?.. PCnya gk afa DVDroomnya...

    first boot = usb fdd
    second boot = usb hdd
    third boot = usb cdroom

    format fd FAT32..
    software wintoflash berhasil..
    source nya pake DVD windows 8..

    setting bios
    primary/first boot = usb fdd
    second boot = usb hdd
    third boot = usb cdroom

    apa ada yang kurang ato salah?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,, Seharusnya tidak ada yang salah sob,..

      Mungkin bisa dicoba primary/first boot nya usb cdroom, mungkin saja bisa,.. Karena ada beberapa bios yang menganggap cdroom drive itu seperti usb fdd,..

      Atau jika masih tidak bisa juga, ada alternatif cara lainnya yang bisa dibaca di SINI,.. :)

      Delete
  6. saya dapat info dari google..
    apa benar motherboard gigabyte tidak bisa booting flash drive?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kurang begitu mengerti tentang motherboard Gigabyte karena saya belum pernah merakit PC sendiri sob,.. Hehe

      Tapi saya baru dapat referensi problem solving boot usb pada motherboard Gigabyte di SINI,.. Semoga membantu,.. :)

      Delete
  7. setelah instal apakah data hilang di drive D,dan E

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data yang hilang hanya data yang terdapat di dalam drive tempat sobat menginstall OS yang lama,. Jika drive D atau E sobat bukan merupakan drive system atau tempat OS berada, maka data yang ada di dalamnya tidak akan ikut terhapus,. :)

      Delete
  8. Makasih Gan Tutorialnya ........

    ReplyDelete
  9. kok sy ngga bisa instal windows 7 dvd/usb toolnya ... Error Gan.......

    ReplyDelete
  10. kok ngga bisa diinstal windows 7 dvd/usb toolnya di windos 8 32bit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,.. Coba compatibility nya di set ke Windows 7, terus Run as Administrator,.. :)

      Delete
  11. tidak bisa gan "An unexpected error occurred. if problem continues please contact support."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masih error ya? Coba pakai software WinToFlash saja sob,.. Fungsinya sama dengan Win7 USB/DVD ini,.. Untuk link nya bisa di klik di SINI... :)

      Delete
  12. gan yang recommended itu upgrade / custom install..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Custom install saja sob,.. :)

      Delete
    2. bukannya lebih gampang kalo upgrade?
      kalo custom harus pake partisi/ timpuk drive c?
      terus tahap terakhir masih gk ngerti kan ada 5 urutannya,urutan yg bener gimana?

      Delete
    3. Kalau mau clean install lebih baik pilih custom install, soalnya dari situ sobat bisa format drive C nya, lalu baru install OS di drive yg baru diformat tersebut,..

      Untuk cara install OS nya, penjelasannya sama dengan yang sudah saya paparkan diatas,.. Yang penting set priority boot ke USB Drive,... :)

      Delete
    4. gan kalo clean install kan C di format, terus program yang sudah diinstal filenya ilang semua? ex:idm, kaspersky, pes, dll...

      maaf banyak nanya...

      Delete
    5. kemarin ane baca di microsoft katanya programnya gk perlu install ulang utk pengguna win 7 klo xp baru perlu install ulang..

      berarti bagusan upgrade dong? gk perlu install program lagi ,ato kalo upgrade masih ada bugnya?

      Delete
    6. Yup, memang bisa langsung upgrade saja sob,..

      Tapi saya selama ini lebih cenderung melakukan clean install daripada harus upgrade karena untuk menghindari masalah yang akan muncul di kemudian hari seperti driver yang error, aplikasi yang tidak kompatible, dll,.. :)

      Delete
    7. program 1.Intel(R) Management Engine Components
      2.Intel(R) Processor Graphics
      3.Intel(R) Rapid Storage Technology
      4.InstallShield Installation Information
      5.Renesas Electronics USB 3.0 Host Controller Driver
      default terinstal di C bakal kehapus?

      kalo driver gk kehapus kan..?

      jika agan ari jawab ini ane langsung naik kelas ke win 8
      thanks..

      Delete
    8. Hmm,.. Saya kira kalau driver tidak akan terhapus sob, tapi kalau nanti driver nya tidak kompatible, mungkin dapat terjadi error hingga BSOD,.. Hehe

      Delete
  13. Gan kalo udh instal ulang
    wifi, touchpad dll jalan kah? gakperlu instal driver nya kan?
    Maaf gan new bie nih haha

    ReplyDelete